KRITERIA PENILAIAN
SEKOLAH : SMAN 3 BOJONEGORO
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS/SEMESTER : X / GASAL
TAHUN PELAJARAN : 2010-2011
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
| 1.1.Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi
1.2.Menjelaskan konsep pendekatan geografi
|
1 |
1..Menjelaskan pengertian geografi secara umum.
2.Menjelaskan pengertian geografi berdasar seminar dan lokakarya di Semarang
3.Menjelaskan ruang lingkup geografi.
4.Menyebutkan 10 konsep Geografi
5.Menyebutkan dua obyek Geografi
6.Mendiskripsikan metode pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer |
a. Tes tertulis b. Tes lisan
|
Tes uraian |
1.Jelaskan pengertian geografi menurut asal katanya
2.Jelaskan pengertian gegrafi berdasar seminar dan lokakarya Semarang
3.Jelaskan tentang ruang lingkup geografi
4.Sebutkan 10 konsep esensial geografi
5.Sebutkan 2 obyek geografi
6.Diskripsikan metode / pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer |
Terdapat pada RPP 1 |
Skor diperoleh NILAI = X 100
Skor maksimum ( 30 )
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi |
2 |
1.Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
2.Menjelaskan perbedaan prinsip geografi
3.Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi |
Tes tertulis |
Tes uraian Penugasan |
1.Jelaskan pengertian dari empat prinsip geografi
2.Jelaskan perbedaan empat prinsip geografi
3.Bagaimana tinjauan geografi dalam mengkaji fenomena tanah longsor menggunakan empat prinsip geografi
|
Terdapat pada RPP 2 |
Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik.
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1.4.Mendiskripsikan aspek geografi |
3 |
1.Mendiskripsikan aspek -aspek geografi
2.Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan sisial geografi
3.Memberikan contoh aspek geografi dalm kehidupan sehari- hari |
Tes tertulis |
Tes uraian Penugasan |
1.Jelaskan pengertian dari aspek fisik dan sosial geografi
2. Sebutkan perbedaan aspek fisik dan social geografi
3. Berikan contoh aspek dalam kehidupan sehari-hari
|
Terdapat pada RPP 3 | Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.Memahami sejarah pembentukan bumi
| 2.1.Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya | 4 | 1.Menjelaskan pengertian tata surya
2.Menjelaskan pengertian jagad raya
3.Memberikan 5 contoh benda langit
4.Memberikan informasi tentang bumi ( ukuran, jarak, revolusi, diameter ) | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | 1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan tata surya
2.Jelaskan apa yang dimaksud dengan jagad raya
3.Berikan 5 contoh benda-benda langit yang kamu ketahui ?
4.Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya, carilah informasi tentang bumi Berikan dengan ukuran, jarak, rotasi, revolusi dan diameter
| Terdapat pada RPP 4 | Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| 5 | 1.Menganalisa teori terjadinya tata surya dan jagad raya.
2.Menjelaskan pengertian galaksi
3.Menyebutkan macam bentuk galaksi | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | 1.Jelaskan teori terbentuknya tata surya !
2. Jelaskan pengertian galaksi !
3.Sebutkan macam bentuk galaksi !
| Terdapat pada RPP 5 | Untuk Penugasan gambar susunan tata surya, memperhatikan unsur 1. Tepat waktu ( skor 20 ) 2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 ) 3. Kerapian ( skor 20 ) 4. Keindahan ( skor 20 ) 5. Kelengkapan ( skor 20 )
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2.2 Menjelaskan sejarah terbentuknya bumi | 6 | 1.Menjelaskan 4 teori terjadinya bumi
2.Menyebutkan bukti bahwa bumi dulunya bersatu. | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | 1.Jelaskan macam-macam teori terbentuknya bumi !
2.Sebutkan bukti bahwa dulu bumi bersatu !
| Terdapat pada RPP 6 | Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| 7 | 1. Menyebutkan lapisan bumi
2. Menjelaskan kandungan pada masing-masing lapisan bumi
3,Menjelaskan mengapa bumi dikatakan benua yang terapung | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | 1.Sebutkan perlapisan yang ada dibumi !
2.Jelaskan kandungan yang ada pada masing-masing lapisan !
3.Jelaskan mengapa bumi dikatakan sebagai benua yang terapung !
| Terdapat pada RPP 7 | Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
Untuk Penugasan gambar lempeng utama memperhatikan unsur 1. Tepat waktu ( skor 20 ) 2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 ) 3. Kerapian ( skor 20 ) 4. Keindahan ( skor 20 ) 5. Kelengkapan ( skor 20 )
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| 8 | Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi ( 1 ) | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | Jelaskan kaitan antara lempeng tektonik dengan persebaran gunung api serta gempa bumi | Terdapat pada RPP 8 | Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
Untuk Penugasan gambar pertemuan lempeng, memperhatikan unsur 1. Tepat waktu ( skor 20 ) 2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 ) 3. Kerapian ( skor 20 ) 4. Keindahan ( skor 20 ) 5. Kelengkapan ( skor 20 )
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | RPP | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN/ SOAL | PEDOMAN JAWABAN | PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| 9 | Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi ( 2 ) | Tes tertulis | Tes uraian Penugasan | Jelaskan tentang teori lempeng tektonik | Terdapat pada RPP 9 | Aspek Penilaian : 1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat. 2. Kemampuan memberikan argument. 3. Kemampuan memberikan kritikan. 4. Kemampuan mengajukan pertanyaan. 5. Kelancaran berbicara. Cara Penyekoran : 1, jika tidak baik. 2, jika baik. 3, jika sangat baik
Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale
Skor yang diperoleh Skor maksimum ( 15 )
NILAI = X 100
|
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. SIGIT HARSONO M.Pd Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH
NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar