Rabu, 19 Januari 2011

KP Kls. X-1

KRITERIA PENILAIAN

SEKOLAH : SMAN 3 BOJONEGORO

MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

KELAS/SEMESTER : X / GASAL

TAHUN PELAJARAN : 2010-2011

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi

1.1.Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi

1.2.Menjelaskan konsep pendekatan geografi

1

1..Menjelaskan pengertian geografi secara umum.

2.Menjelaskan pengertian geografi berdasar seminar dan lokakarya di Semarang

3.Menjelaskan ruang lingkup geografi.

4.Menyebutkan 10 konsep Geografi

5.Menyebutkan dua obyek

Geografi

6.Mendiskripsikan metode pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

a. Tes tertulis

b. Tes lisan

Tes uraian

1.Jelaskan pengertian geografi menurut asal katanya

2.Jelaskan pengertian gegrafi berdasar seminar dan lokakarya Semarang

3.Jelaskan tentang ruang lingkup geografi

4.Sebutkan 10 konsep esensial geografi

5.Sebutkan 2 obyek geografi

6.Diskripsikan metode / pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

Terdapat pada RPP 1

NOMOR SOAL

SKOR

1

3

2

5

3

5

4

6

5

3

6

8

JML.

30

Skor diperoleh

NILAI = X 100

Skor maksimum ( 30 )

SKOR

NILAI

11

36.7

12

40.0

13

43.3

14

46.7

15

50.0

16

53.3

17

56.7

18

60.0

19

63.3

20

66.7

SKOR

NILAI

1

3.3

2

6.7

3

10.0

4

13.3

5

16.7

6

20.0

7

23.3

8

26.7

9

30.0

10

33.3

21

70.0

22

73.3

23

76.7

24

80.0

25

83.3

26

86.7

27

90.0

28

93.3

29

96.7

30

100

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi

2

1.Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi

2.Menjelaskan perbedaan prinsip geografi

3.Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Jelaskan pengertian dari empat prinsip geografi

2.Jelaskan perbedaan empat prinsip geografi

3.Bagaimana tinjauan geografi dalam mengkaji fenomena tanah longsor menggunakan empat prinsip geografi

Terdapat pada RPP 2

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.

Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik.

Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst



Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )


NILAI = X 100

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

1.4.Mendiskripsikan aspek geografi

3

1.Mendiskripsikan aspek -aspek geografi

2.Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan sisial geografi

3.Memberikan contoh aspek geografi dalm kehidupan sehari- hari

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Jelaskan pengertian dari aspek fisik dan sosial geografi

2. Sebutkan perbedaan aspek fisik dan social geografi

3. Berikan contoh aspek dalam kehidupan sehari-hari

Terdapat pada RPP 3

Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst



Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )


NILAI = X 100

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

2.Memahami sejarah pembentukan bumi

2.1.Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya

4

1.Menjelaskan pengertian tata surya

2.Menjelaskan pengertian jagad raya

3.Memberikan 5 contoh benda langit

4.Memberikan informasi tentang bumi ( ukuran, jarak, revolusi, diameter )

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan tata surya

2.Jelaskan apa yang dimaksud dengan jagad raya

3.Berikan 5 contoh benda-benda langit yang kamu ketahui ?

4.Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya, carilah informasi tentang bumi

Berikan dengan ukuran, jarak, rotasi, revolusi dan diameter

Terdapat pada RPP 4

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst



Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )


NILAI = X 100

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

5

1.Menganalisa teori terjadinya tata surya dan jagad raya.

2.Menjelaskan pengertian galaksi

3.Menyebutkan macam bentuk galaksi

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Jelaskan teori terbentuknya tata surya !

2. Jelaskan pengertian galaksi !

3.Sebutkan macam bentuk galaksi !

Terdapat pada RPP 5

Untuk Penugasan gambar susunan tata surya, memperhatikan unsur

1. Tepat waktu ( skor 20 )

2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 )

3. Kerapian ( skor 20 )

4. Keindahan ( skor 20 )

5. Kelengkapan ( skor 20 )

2.2 Menjelaskan sejarah terbentuknya bumi

6

1.Menjelaskan 4 teori terjadinya bumi

2.Menyebutkan bukti bahwa bumi dulunya bersatu.

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Jelaskan macam-macam teori terbentuknya bumi !

2.Sebutkan bukti bahwa dulu bumi bersatu !

Terdapat pada RPP 6

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst

Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )

NILAI = X 100

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

7

1. Menyebutkan lapisan bumi

2. Menjelaskan kandungan pada masing-masing lapisan bumi

3,Menjelaskan mengapa bumi dikatakan benua yang terapung

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

1.Sebutkan perlapisan yang ada dibumi !

2.Jelaskan kandungan yang ada pada masing-masing lapisan !

3.Jelaskan mengapa bumi dikatakan sebagai benua yang terapung !

Terdapat pada RPP 7

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst

Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )

NILAI = X 100

Untuk Penugasan gambar lempeng utama memperhatikan unsur

1. Tepat waktu ( skor 20 )

2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 )

3. Kerapian ( skor 20 )

4. Keindahan ( skor 20 )

5. Kelengkapan ( skor 20 )

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

8

Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi ( 1 )

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

Jelaskan kaitan antara lempeng tektonik dengan persebaran gunung api serta gempa bumi

Terdapat pada RPP 8

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst

Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )

NILAI = X 100

Untuk Penugasan gambar pertemuan lempeng, memperhatikan unsur

1. Tepat waktu ( skor 20 )

2. Isi ( benar tidaknya ) ( skor 20 )

3. Kerapian ( skor 20 )

4. Keindahan ( skor 20 )

5. Kelengkapan ( skor 20 )

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

RPP

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

BENTUK

INSTRUMEN

INSTRUMEN/ SOAL

PEDOMAN JAWABAN

PEDOMAN PENSKORAN

9

Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi ( 2 )

Tes tertulis

Tes uraian

Penugasan

Jelaskan tentang teori lempeng tektonik

Terdapat pada RPP 9

Aspek Penilaian :

1. Kemampuan menyampaikan informasi /

pendapat.

2. Kemampuan memberikan argument.

3. Kemampuan memberikan kritikan.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kelancaran berbicara.



Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik


Lembar penilaian bentuk skala penilaian /rating scale

NO

SISWA

NO

ASPEK PENILAIAN

SKR

NILAI

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

dst

Skor yang diperoleh

Skor maksimum ( 15 )

NILAI = X 100


Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. SIGIT HARSONO M.Pd Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH

NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar