Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 1 (satu )
Alokasi Waktu : 45 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
1.1 Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
| · Pengertian peta. · Jenis-jenis · Komponen peta · Proyeksi peta
| · Mengedentifikasi pengertian peta · Menganalisis jenis peta · Menunjukkan komponen-komponen peta · Menganalisis jenis proyeksi peta | · Secara individu siswa laki-laki maupun perempuan mengidentifikasi pengertian peta pada atlas · Siswa laki-laki dan perempuan mengamati jenis peta · Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang komponen-komponen peta · Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mendiskripsikan proyeksi peta yang digunakan dalam pembuatan peta. | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 3 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan/alat Atlas Globe Denah |
1.2 Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
| · Membuat peta lingkungan sekitar / sekolah | · Membuat peta ( administrasi ) | Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melakukan: · Persiapan praktek · Materi yang dipraktekkan · Mempersiapkan praktek pembuatan peta administrasi · Pelaksanaan pembuatan peta · Memperbesar dan memperkecil peta | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 12 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan/alat Atlas Globe Denah |
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta. | · Menentukan lokasi industri dan pertanian | · Mengidentifikasi industri berdasarkan kriteria tertentu · Menganalisis penentuan lokasi industri · Menganalisis pola persebaran industri · Menganalisis penyebab gejala aglomerasi industri · Menganalisis peta persebaran hasil bumi dan laut | Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melakukan kegiatan · Membaca referensi · Diskusi kelompok tentang klasifikasi industri · Diskusi kelompok tentang penentuan lokasi industri · Mengamati peta persebaran industri · Diskusi kelompok tentang penyebab gejala aglomerasi industri · Mengamati peta persebaran hasil bumi dan laut | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 12 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan/alat Atlas Globe Denah |
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan system informasi geografi.
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh | · Konsep dasar penginderaan jauh · Komponen penginderaan jauh - Obyek - Tenaga - Sensor - Wahana - Hasil rekaman · Interpretasi citra · Manfaat penginderaan jauh | · Mendiskripsikan konsep dasar penginderaan jauh · Membedakan sumber tenaga penginderaan jauh
· Menafsirkan obyek-obyek yang ada pada citra penginderaan jauh · Memahamami manfaat penginderaan jauh | · Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan, tentang konsep dasar penginderaan jauh · Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang komponen dasar penginderaan jauh · Siswa laki-laki dan perempuan menginterfrestasikan penginderaan jauh · Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang informasi manfaat penginderaan jauh | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 9 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan/alat Atlas Globe Denah |
2.2 Menjelaskan pemanfaatan syistem informasi gegrafi ( SIG )
| · Konsep dasar SIG dan komponen SIG · Data spasial dan atribut · Tahapan kerja SIG · Manfaat SIG
| · Merumuskan konsep dasar SIG · Mengidentifikasi komponen-komponen SIG · Mengidentifikasi data spasial dan data atribut · Menjelaskan secara sistematis tahap kerja SIG · Mengidentifikasi pemanfaatan SIG dalam kajian geografi
| · Secara individu laki-laki dan perempuan mengungkapkan konsep dasar SIG · Diskusi kelompok seimbang laki-laki perempuan tentang komponen-komponen SIG · Siswa l;aki-laki dan perempuan mengidentifikasi data spasial dan data atribut · Diskusi kelompok seimbang laki-laki perempuan tentang beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi | Jenis tagihan : Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 9 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan/alat Atlas Globe Denah
|
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH
NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 45 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis wilayah dan perwilayahan
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
Menganalisis pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial antara desa dan kota
| Pola keruangan desa dan kota | Mendiskripsikan pengertian desa dan kota Mendiskripsikan ciri-ciri desa dan kota
Mengidentifikasi potensi desa dan kota kaitannya dengan perkembangan desa dan kota Membedakan struktur ruang desa dan kota
Menganalisis pola persebaran pemukiman desa dan model-model teori pola tata ruang kota Menafsirkan interaksi wilayah desa dan kota | Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan diskusi tentang pengertian desa dan kota dari beberapa buku yang relevan Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang potentsi desa dan kota Seluruh siswa mengamati gambar desa dan kota Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk membedakan struktur ruang desa dan kota. Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar pola persebaran pemukiman desa Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar model tata ruang kota Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk menganalisa persebaran pemukiman desa dan tata ruang kota Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk menafsirkan interaksi wilayah desa dan kota | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 9 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan / alat Gambar persebaran pemukiman desa Gambar model teori kota. |
Menganalisa kaitan antara konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah | Konsep wilayah dan pusat pertumbuhan | Mendiskripsikan pengertian wilayah Membedakan wilayah formal dan fungsional
Menghitung kekuatan interaksi antar wilayah
Mendiskripasikan pengertian pusat pertumbuhan
Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di indonesia melalui peta | Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melaksanakan kegiatan Membaca referensi Diskusi kelompok tentang konsep wilayah Diskusi kelompok untuk membedakan wilayah formal dan fungsional Menghitung kekuatan informasi antar wilayah dari data yang ada Diskusi kelompok tentang pusat pertumbuhan Mengamati pusat pertumbuhan di indonesia Diskusi kelompok untuk mengidentifikasi pusat pertumbuhan di indonesia | Jenis tagihan : Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 9 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan peta indonesia |
Menganalisis wilayah dan perwilayahan Negara maju dan berkembang | Pola wilayah Negara maju dan Negara berkembang | Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan berkembang
Memberi contoh beberapa Negara maju dan berkembang serta alsannya
Membandingkan model pengembangan wilayah di Negara maju dan berkembang
Menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia | Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melaksanakan kegiatan Membaca referensi Diskusi tentang ciri-ciri Negara maju dan berkembang Mengamati peta dunia Diskusi kelompok untuk mencari contoh Negara maju dan berkembang Diskusi kelompok untuk membandingkan model pembangunan wilayah di Negara maju dan berkembang Diskusi kelompok untuk menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia | Jenis tagihan : Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan : Laporan
| 9 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Bahan Atlas peta
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar