Rabu, 19 Januari 2011

Silabus Kls. XII

Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XII / IPS

Semester : 1 (satu )

Alokasi Waktu : 45 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

1.1 Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

· Pengertian peta.

· Jenis-jenis

· Komponen peta

· Proyeksi peta

· Mengedentifikasi pengertian peta

· Menganalisis jenis peta

· Menunjukkan komponen-komponen peta

· Menganalisis jenis proyeksi peta

· Secara individu siswa laki-laki maupun perempuan mengidentifikasi pengertian peta pada atlas

· Siswa laki-laki dan perempuan mengamati jenis peta

· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang komponen-komponen peta

· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mendiskripsikan proyeksi peta yang digunakan dalam pembuatan peta.

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

3 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

1.2 Mempraktekan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

· Membuat peta lingkungan sekitar / sekolah

· Membuat peta ( administrasi )

Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melakukan:

· Persiapan praktek

· Materi yang dipraktekkan

· Mempersiapkan praktek pembuatan peta administrasi

· Pelaksanaan pembuatan peta

· Memperbesar dan memperkecil peta

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta.

· Menentukan lokasi industri dan pertanian

· Mengidentifikasi industri berdasarkan kriteria tertentu

· Menganalisis penentuan lokasi industri

· Menganalisis pola persebaran industri

· Menganalisis penyebab gejala aglomerasi industri

· Menganalisis peta persebaran hasil bumi dan laut

Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melakukan kegiatan

· Membaca referensi

· Diskusi kelompok tentang klasifikasi industri

· Diskusi kelompok tentang penentuan lokasi industri

· Mengamati peta persebaran industri

· Diskusi kelompok tentang penyebab gejala aglomerasi industri

· Mengamati peta persebaran hasil bumi dan laut

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

12 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan system informasi geografi.

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh

· Konsep dasar penginderaan jauh

· Komponen penginderaan jauh

- Obyek

- Tenaga

- Sensor

- Wahana

- Hasil rekaman

· Interpretasi citra

· Manfaat penginderaan jauh

· Mendiskripsikan konsep dasar penginderaan jauh

· Membedakan sumber tenaga penginderaan jauh

· Menafsirkan obyek-obyek yang ada pada citra penginderaan jauh

· Memahamami manfaat penginderaan jauh

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan, tentang konsep dasar penginderaan jauh

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang komponen dasar penginderaan jauh

· Siswa laki-laki dan perempuan menginterfrestasikan penginderaan jauh

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang informasi manfaat penginderaan jauh

Jenis tagihan :

Tugas individu

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

9 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

2.2 Menjelaskan pemanfaatan syistem informasi gegrafi ( SIG )

· Konsep dasar SIG dan komponen SIG

· Data spasial dan atribut

· Tahapan kerja SIG

· Manfaat SIG

· Merumuskan konsep dasar SIG

· Mengidentifikasi komponen-komponen SIG

· Mengidentifikasi data spasial dan data atribut

· Menjelaskan secara sistematis tahap kerja SIG

· Mengidentifikasi pemanfaatan SIG dalam kajian geografi

· Secara individu laki-laki dan perempuan mengungkapkan konsep dasar SIG

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki perempuan tentang komponen-komponen SIG

· Siswa l;aki-laki dan perempuan mengidentifikasi data spasial dan data atribut

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki perempuan tentang beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi

Jenis tagihan :

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

9 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan/alat

Atlas

Globe

Denah

Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH

NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XII / IPS

Semester : 2 (dua)

Alokasi Waktu : 45 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis wilayah dan perwilayahan

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Menganalisis pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial antara desa dan kota

Pola keruangan desa dan kota

Mendiskripsikan pengertian desa dan kota

Mendiskripsikan ciri-ciri desa dan kota

Mengidentifikasi potensi desa dan kota kaitannya dengan perkembangan desa dan kota

Membedakan struktur ruang desa dan kota

Menganalisis pola persebaran pemukiman desa dan model-model teori pola tata ruang kota

Menafsirkan interaksi wilayah desa dan kota

Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan diskusi tentang pengertian desa dan kota dari beberapa buku yang relevan

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang potentsi desa dan kota

Seluruh siswa mengamati gambar desa dan kota

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk membedakan struktur ruang desa dan kota.

Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar pola persebaran pemukiman desa

Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar model tata ruang kota

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk menganalisa persebaran pemukiman desa dan tata ruang kota

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk menafsirkan interaksi wilayah desa dan kota

Jenis tagihan :

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

9 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan / alat

Gambar persebaran pemukiman desa

Gambar model teori kota.

Menganalisa kaitan antara konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah

Konsep wilayah dan pusat pertumbuhan

Mendiskripsikan pengertian wilayah

Membedakan wilayah formal dan fungsional

Menghitung kekuatan interaksi antar wilayah

Mendiskripasikan pengertian pusat pertumbuhan

Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di indonesia melalui peta

Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melaksanakan kegiatan

Membaca referensi

Diskusi kelompok tentang konsep wilayah

Diskusi kelompok untuk membedakan wilayah formal dan fungsional

Menghitung kekuatan informasi antar wilayah dari data yang ada

Diskusi kelompok tentang pusat pertumbuhan

Mengamati pusat pertumbuhan di indonesia

Diskusi kelompok untuk mengidentifikasi pusat pertumbuhan di indonesia

Jenis tagihan :

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

9 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan peta indonesia

Menganalisis wilayah dan perwilayahan Negara maju dan berkembang

Pola wilayah Negara maju dan Negara berkembang

Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan berkembang

Memberi contoh beberapa Negara maju dan berkembang serta alsannya

Membandingkan model pengembangan wilayah di Negara maju dan berkembang

Menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia

Seluruh siswa laki-laki dan perempuan melaksanakan kegiatan

Membaca referensi

Diskusi tentang ciri-ciri Negara maju dan berkembang

Mengamati peta dunia

Diskusi kelompok untuk mencari contoh Negara maju dan berkembang

Diskusi kelompok untuk membandingkan model pembangunan wilayah di Negara maju dan berkembang

Diskusi kelompok untuk menjelaskan usaha-usaha pengembangan wilayah di indonesia

Jenis tagihan :

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk tagihan :

Laporan

9 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Bahan

Atlas peta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar