Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XI / IPS
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 48 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antrofosfer
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
1.1.Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
| Pengertian fenomena biosfer
Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan flora
Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan fauna
| Mendiskripsikan pengertian fenomena biosfer
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran flora
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran fauna | Siswa laki-laki dan perempuan mengung kapkan kembali tentang pengertian biosfer dari bahan referensi secara individu Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna (diskusi menanamkan karakter disiplin,demokratis, komunikatif)
| Jenis tagihan : TT: Diskusi tentang faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora fauna Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian berstruktur tentang factor sebaran flora fauna
| 6 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar peta persebaran flora dan fauna
Kliping tentang biosfer |
1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
| Sebaran hewan dan tumbuhan dunia
Hewan dan tumbuhan di indonesia
Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan | Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan dipermukaan bumi
Menganalisa sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia
Menjelaskan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik
Membuat laporan tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan dimuka bumi | Siswa laki-laki dan perempuan membuat peta sebaran hewan dan tumbuhan dunia pada peta
Siswa laki-laki dan perempuan mengamati peta sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
Secara berkelompok seimbang laki-laki perempuan mendiskripsikan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Secara individu laki-laki dan perempuan membuat peta sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia dan dunia
Siswa laki-laki dan perempuan mengkaji dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
| Jenis tagihan : TMTT: Menggambar peta sebaran flora fauna dunia Menggambar peta sebaran flora fauna Indonesia Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Peta sebaran flora fauna dunia dan Indonesia
| 14 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar peta persebaran flora dan fauna
Dunia Indonesia |
1.3.Menjelaskan fenomena antroposfer | Antroposfer
Pengertian Antroposfer
Pengertian Kuantitas penduduk Kualitas penduduk | Mendiskripsikan pengertian antroposfer
Mengidentifikasi tentang kualitas dan kuantitas penduduk | Secara individu ,siswa laki-laki dan perempuan mendiskripsikan pengertian antroposfer dari berbagai referensi
Tanya jawab seimbang laki-laki dan perempuan, tentang antroposfer( kualitas dan kuantitas ) Tanyajawab memperhatikan perbedaan individu dan gender | Jenis tagihan : TMTT: Mengamati fenomena antroposfer di sekitar sekolah.Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Peduli lingkungan Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin) Bentuk tagihan : Laporan pengamatan | 14 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar / foto manusia beserta aktifitasnya |
1.4.Menganalisa aspek kependudukan
| Natalitas Mortalitas pertumbuhan penduduk Proyeksi penduduk Komposisi penduduk Persebaran dan kepadatan penduduk Kualitas penduduk indonesia Kuantitas penduduk indonesia | Menghitung natalitas Menghitung mortalitas Menghitung pertumbuhan penduduk Menghitung proyeksi penduduk Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu Diskusi kelompok tentang persebaran dan kepadatan penduduk Menjelaskan kualitas penduduk indonesia Menjelaskan kuantitas penduduk indonesia | Menghitung natalitas Menghitung mortalitas Menghitung pertumbuhan penduduk Menghitung proyeksi penduduk Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu Diskusi kelompok tentang persebaran dan kepadatan penduduk (diskusi menanam kan karakter disiplin, demokratis, komunikatif) Menjelaskan kualitas penduduk indonesia Menjelaskan kuantitas penduduk Indonesia melibatkan seluruh siswa laki-laki maupun perempuan Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
| Jenis tagihan : TT: Diskusi tentang faktor natalitas dan mortalitas Penanaman karakter demomratis, komunikatif TTT: Mencari informasi di internet tentang data kependudukan terbaru Penanaman karakter gemar membaca Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin) Bentuk tagihan : Uraian berstruktur tentang factor natalitas dan mortalitas Data tidak terstruktur tentang data kependudukan terbaru
| 14 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
|
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH
NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XI / IPS
Semester : 2 (dua )
Alokasi Waktu : 56 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
2.1 Menjelaskan pengertian sumber daya alam
| · Sumber daya alam | · Merumuskan pengertian sumber daya alam | · Siswa laki-laki dan perempuan mengung kapkan kembali pengertian sumber daya alam dari beberapa referensi Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
| Jenis tagihan : Pertanyaan Bentuk tagihan : Jawaban dan keaktifan siswa | 4 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan |
2.2 Men gidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
| · Jenis sumber daya alam · Pengelolaan sumber daya alam | · Men gidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
· Menganalisis potensi sumber daya alam
| · Seluruh siswa melakukan pengamatan diluar kelas untuk mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam.
· Diskusikelompok seimbang laki-laki perempuan tentang potensi sumberdaya alam
· Seluruh siswa mengamati peta persebaran sumber daya alam pada peta. | Jenis tagihan : TTT: Mencari contoh SDA di sekitar sekolah Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Laporan pengamatan SDA di sekitar sekolah Penanaman peduli lingkungan dan social Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata)
| 10 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar peta persebaran tambang indonesia |
2.3 Menjelaskan pemanfatan sumber daya alam secara aktif | · Pemanfatan sumber daya alam · Prinsip ekoifisiensi | · Menguraikan manfaat sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi · Memahami contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi | · Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
· Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan untuk memberi contoh ekoifisiensi (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
| Jenis tagihan : TT/TM: Diskusi tentang manfaat SDA berdasar prinsif ekoefisiensi Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian berstruktur tentang hasil diskusi
| 8 x 45 menit | Buku – buku geografi yang relevan |
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
3.1.Mendiskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
| Pemanfaatan lingkunagan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Pengertian lingkungan Komponen ekosistem Lingkunganhidup sebagai sumber daya Pembangunan berkelanjutan Manfaat dan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan | Merumuskan pengertian lingkungan hidup
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Menjelaskan pengertian pembangunan.
Mendiskripsikan pembangunan berkelanjutan
Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. | Siswa laki-laki maupun perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dalam pembangunan berkelanjutan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
| Jenis tagihan : Tanyajawab Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Keaktifan siswa
| 20 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan |
3.2.Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
| Pelestarian lingkungan hidup Pembangunan berkelanjutan
Pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan | Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan.
Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. | Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pelestarian lingkungan secara kelompok merumuskan konsep pembangunan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif) Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif) Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender Secara individu siswa laki-laki dan perempuan membuat kliping ( dilengkapi dengan rangkuman dan tanggapan juga sumber ) tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. | Jenis tagihan : TTT: Mencari di tafsir Al-Qur’an tentang himbauan pelestarian lingkungan hidup Penanaman karakter religius, peduli lingkungan dan social Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian tidak berstruktur tentang isi tafsir yang berkaitan pelestarian lingkungan hidup
| 14 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar