Rabu, 19 Januari 2011

Silabus Kls. XI

Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XI / IPS

Semester : 1 (satu)

Alokasi Waktu : 48 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antrofosfer

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

1.1.Menjelaskan pengertian fenomena biosfer

Pengertian fenomena biosfer

Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan flora

Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberadaan fauna

Mendiskripsikan pengertian fenomena biosfer

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran flora

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran fauna

Siswa laki-laki dan perempuan mengung kapkan kembali tentang pengertian biosfer dari

bahan referensi secara

individu

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,demokratis, komunikatif)

Jenis tagihan :

TT:

Diskusi tentang faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora fauna

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur tentang factor sebaran flora fauna

6 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar peta persebaran flora dan fauna

Kliping tentang biosfer

1.2.Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan

Sebaran hewan dan tumbuhan dunia

Hewan dan tumbuhan di indonesia

Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan

Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan dipermukaan bumi

Menganalisa sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia

Menjelaskan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik

Membuat laporan tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan dimuka bumi

Siswa laki-laki dan perempuan membuat peta sebaran hewan dan tumbuhan dunia pada peta

Siswa laki-laki dan perempuan mengamati peta sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi

Secara berkelompok seimbang laki-laki perempuan mendiskripsikan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya

(diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Secara individu laki-laki dan perempuan membuat peta sebaran hewan dan tumbuhan di indonesia dan dunia

Siswa laki-laki dan perempuan mengkaji dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Jenis tagihan :

TMTT:

Menggambar peta sebaran flora fauna dunia

Menggambar peta sebaran flora fauna Indonesia

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Peta sebaran flora fauna dunia dan Indonesia

14 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar peta persebaran flora dan fauna

Dunia

Indonesia

1.3.Menjelaskan fenomena antroposfer

Antroposfer

Pengertian Antroposfer

Pengertian

Kuantitas penduduk

Kualitas penduduk

Mendiskripsikan pengertian antroposfer

Mengidentifikasi tentang kualitas dan kuantitas penduduk

Secara individu ,siswa laki-laki dan perempuan mendiskripsikan pengertian antroposfer dari berbagai referensi

Tanya jawab seimbang laki-laki dan perempuan, tentang antroposfer( kualitas dan

kuantitas )

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individu dan gender

Jenis tagihan :

TMTT:

Mengamati fenomena antroposfer di sekitar sekolah.Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Peduli lingkungan

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Laporan pengamatan

14 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar / foto manusia beserta aktifitasnya

1.4.Menganalisa aspek kependudukan

Natalitas

Mortalitas

pertumbuhan penduduk

Proyeksi penduduk

Komposisi penduduk

Persebaran dan kepadatan penduduk

Kualitas penduduk indonesia

Kuantitas penduduk indonesia

Menghitung natalitas

Menghitung mortalitas

Menghitung pertumbuhan penduduk

Menghitung proyeksi penduduk

Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu

Diskusi kelompok tentang persebaran dan kepadatan penduduk

Menjelaskan kualitas penduduk indonesia

Menjelaskan kuantitas penduduk indonesia

Menghitung natalitas

Menghitung mortalitas

Menghitung pertumbuhan penduduk

Menghitung proyeksi penduduk

Menghitung komposisi penduduk menurut kreteria tertentu

Diskusi kelompok tentang persebaran dan kepadatan penduduk (diskusi menanam kan karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Menjelaskan kualitas penduduk indonesia

Menjelaskan kuantitas penduduk Indonesia

melibatkan seluruh

siswa laki-laki maupun perempuan

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Jenis tagihan :

TT:

Diskusi tentang faktor natalitas dan mortalitas

Penanaman karakter demomratis, komunikatif

TTT:

Mencari informasi di internet tentang data kependudukan terbaru

Penanaman karakter gemar membaca

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur tentang factor natalitas dan mortalitas

Data tidak terstruktur tentang data kependudukan terbaru

14 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH

NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : XI / IPS

Semester : 2 (dua )

Alokasi Waktu : 56 x 45 menit

Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

2.1 Menjelaskan pengertian sumber daya alam

· Sumber daya alam

· Merumuskan pengertian sumber daya alam

· Siswa laki-laki dan perempuan mengung

kapkan kembali

pengertian sumber daya

alam dari beberapa

referensi

Tanyajawab

memperhatikan

perbedaan individi dan

gender

Jenis tagihan :

Pertanyaan

Bentuk tagihan :

Jawaban dan keaktifan siswa

4 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

2.2 Men gidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam

· Jenis sumber daya alam

· Pengelolaan sumber daya alam

· Men gidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam

· Menganalisis potensi sumber daya alam

· Seluruh siswa melakukan pengamatan diluar kelas untuk mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam.

· Diskusikelompok seimbang laki-laki perempuan tentang potensi sumberdaya alam

· Seluruh siswa mengamati peta persebaran sumber daya alam pada peta.

Jenis tagihan :

TTT:

Mencari contoh SDA di sekitar sekolah

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Laporan pengamatan SDA di sekitar sekolah

Penanaman peduli lingkungan dan social

Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata)

10 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar peta persebaran tambang indonesia

2.3 Menjelaskan pemanfatan sumber daya alam secara aktif

· Pemanfatan sumber daya alam

· Prinsip ekoifisiensi

· Menguraikan manfaat sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi

· Memahami contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi

· Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan tentang pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoifisiensi

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

· Diskusi kelompok

seimbang laki-laki dan

perempuan untuk

memberi contoh

ekoifisiensi

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Jenis tagihan :

TT/TM:

Diskusi tentang manfaat SDA berdasar prinsif ekoefisiensi

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur tentang hasil diskusi

8 x 45 menit

Buku – buku geografi yang relevan

Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

3.1.Mendiskripsikan

pemanfaatan

lingkungan

hidup dalam

kaitannya

dengan

pembangunan

berkelanjutan

Pemanfaatan lingkunagan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Pengertian lingkungan

Komponen ekosistem

Lingkunganhidup sebagai sumber daya

Pembangunan berkelanjutan

Manfaat dan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan

Merumuskan pengertian lingkungan hidup

Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem

Menjelaskan pengertian pembangunan.

Mendiskripsikan pembangunan berkelanjutan

Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan

Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Siswa laki-laki maupun perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dalam pembangunan berkelanjutan (diskusi menanamkan karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Jenis tagihan :

Tanyajawab

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Keaktifan siswa

20 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

3.2.Menganalisis

pelestarian

lingkungan

hidup dalam

kaitannya

dengan

pembangunan

berkelanjutan

Pelestarian lingkungan hidup

Pembangunan berkelanjutan

Pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan

Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup

Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan.

Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkunagan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pelestarian lingkungan secara kelompok merumuskan konsep pembangunan (diskusi menanamkan karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan

(diskusi menanamkan

karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang pengertian lingkungan dari bahan referensi secara individu

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara individu siswa laki-laki dan perempuan membuat kliping

( dilengkapi dengan rangkuman dan tanggapan juga sumber ) tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Jenis tagihan :

TTT:

Mencari di tafsir Al-Qur’an tentang himbauan pelestarian lingkungan hidup

Penanaman karakter religius, peduli lingkungan dan social

Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata)

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian tidak berstruktur tentang isi tafsir yang berkaitan pelestarian lingkungan hidup

14 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar