Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X
Semester : 1 (satu )
Alokasi Waktu : 22 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi
| · Pengertian geografi
· Ruang lingkup geografi | · Menjelaskan geografi secara umum
· Menjelaskan pengertian geografi berdasar Semiloka Semarang
· Menjelaskan ruang lingkup geografi
| · Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali definisi geografi berdasar Semiloka Semarang (menanamkan karakter gemar membaca)
· Siswa laki-laki dan perempuan menyimpulkan ruang lingkup geografi
| Jenis tagihan : TT: Membuat peta konsep materi (menanamkan karakter gemar membaca, kreatif) Kuis (memperhatikan perbedaan individu , gender) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 1 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang |
1.2 Menjelaskan konsep pendekatan geografi
| · Konsep geografi
· Metode / pendekatan geografi 1) Pendekatan keruangan 2) Pendekatan kewilayahan - Pendekatan topik - Pendekatan aktivitas manusia. - Pendekatan regional 3) Pendekatan ekologi (ecological approach) | · Menyebutkan 10 konsep esensial geografi
· Menyebutkan 2 obyek oooobyek · Mendiskripsikan metode pendekatan geografi
| · Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali konsep geografi (menanamkan karakter gemar membaca, kreatif)
· Siswa laki-laki dan perempuan menggali informasi tentang obyek, metode/dan pendekatan geografi dari berbagai referen. (menanamkan karakter gemar membaca) | Jenis tagihan : TT: Membuat peta konsep materi lanjutan (menanamkan karakter gemar membaca, kreatif ) Kuis (memperhatikan perbedaan individu , gender) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian berstruktur | 1 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan, misal pada 1.1
Gambar geosfer misal : kondisi kota yang kotor dan tidak teratur, banjir, gempa dll. |
1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi
| · Prinsip-prinsip geografi - Prinsip penyebaran - Prinsip interrelasi - Prinsip diskripsi - Prinsip korologi | · Mengidentifikasi prinsip geografi
· Menjelaskan perbedaan prinsip geografi
· Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi | · Secara individu, laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda mengamati gambar fenomena geosfer
· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda menganalisis gambar tentang tanah longsor disuatu wilayah dikaji dari keempat prinsip geografi (menanamkan karakter religius,peduli lingkungan, peduli social) Penanaman cinta lingkungan (adiwyata)
· Siswa laki-laki dan perempuan mempresentasikan hasil diskusi (menanamkan karakter kreatif, komunikatif) | Jenis tagihan : TT : Diskusi kelompok (seimbang laki-laki perempuan , kelompok atas, sedang, bawah, menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif,tanggung jawab) Kuis (memperhatikan perbedaan individu dan gender) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin, mandiri, gemar membaca)
Bentuk tagihan : Laporan ,presentasi Uraian berstruktur (menanamkan karakter kreatif, tanggungjawab,disiplin) | 2 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar tanah longsor |
1.4 Mendiskripsikan aspek geografi
| · Aspek geografi - Aspek fisik (alamiah) : gejala-gejala alam yang timbul - Aspek social ( kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya | · Mendiskripsikan aspek-aspek geografi
· Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan sosial geografi
· Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari | · Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referen (menanamkan karakter gemar membaca)
· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda mengamati gambar tentang aspek fisik dan social geografi (mananamkan karakter demokratis, komunikatif)
· Secara individu, siswa laki-laki dan perempuan membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan sosial dilingkungan daerah sekitar.(menanamkan karakter disiplin, peduli lingkungan, kreatif) | Jenis tagihan : TMTT: Mencari disekitar rumah/tempat tinggal, fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik dan social (menanamkan karakter religius, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,tanggungjawab,kreatif) Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata) Kuis (memperhatikan perbedaan individu dan gender) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin, mandiri, gemar membaca)
Bentuk tagihan : Laporan pengamatan | 2 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar geosfer social dan fisik |
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya
| Tata surya dan Jagar raya Arti tata surya Arti jagad raya Galaksi Anggota tata surya Bumi Matahari Planet Hukum Keppler | Menjelaskan pengertian tata surya
Menjelaskan pengertian jagad raya
Menjelaskan pengertian galaksi
Menyebutkan macam bentuk galaksi
Menyebutkan anggota tata surya
Memberi penjelasan dampak rotasi bumi
Memberi penjelasan dampak revolusi bumi
Menjelaskan bagian-bagian dari matahari
Menyebutkan pengaruh matahari terhadap bumi
Menjelaskan pengertian planet
Menyebutkan klasifikasi planet
Menjelaskan macam posisi planet
Menjelaskan hukum keppler I, II dan III
| Secara individu,laki-laki dan perempuan menjelaskan arti tata surya dan jagad raya Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender
Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang pengertian dan macam bentuk galaksi serta anggota tata surya (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang bagian matahari, pengaruh matahari terhadap bumi, (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Siswa laki-laki dan perempuan secara individu menjelaskan pengertian, klasifikasi dan macam posisi planet Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender
Siswa laki-laki dan perempuan secara individu menjelaskan dengan gambar, tentang hokum Keppler I, II dan III | Jenis tagihan : TMTT: Mengamati angkasa di sekitar tempat tinggal Menggambar susunan tata surya Menggambar susunan tata surya TT: Melengkapi data jarak dan revolusi planet sesuai Hukum Keppler III Penugasan menanamkan karakter kreatif, religius, disiplin, mandiri,gemar membaca Ulangan Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur
Bentuk tagihan : Uraian Tidak Terstruktur tentang Laporan pengamatan benda langit Gambar susunan tata surya Data terstruktur, tentang jarak dan revolusi planet Penugasan menanamkan karakter religius, gemar membaca,disiplin
| 10x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Contoh gambar benda-benda langit Solar System CD Interaktif CD Film |
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
2.2 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
| · Proses terjadinya bumi · Karakteristik pelapisan bumi · Teori lempeng tektonik | · Menjeslaskan 4 teori terjadinya bumi
· Mengidentifikasi karakteristik pelapisan bumi
· Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi serta menyebutkan bukti dulunya di bumi hanya ada satu benua
| · Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya bumi. Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender
· Secara individu, laki-laki dan perempuan mengkaji tentang karakteristik dari pelapisan bumi Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender
· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi serta bukti dulunya di bumi hanya ada satu benua. (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
| Jenis tagihan : TT: Menggambar 7 lempeng utama dunia Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Diskusi teantang bukti dulunya bumi bersatu Penanaman karakter demokratis, komunikatif Menggambar 3 macam pertemuan lempeng Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Ulangan Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur
Bentuk tagihan : Gambar lempeng Gambar 3 macam pertemuan lempeng Uraian berstruktur tentang bukti dulunya bumi bersatu | 6x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan Gambar proses terbentuknya bumi Gambar lempeng tektonik Gambar persebaran gunung api di dunia. CD Interaktif CD Film |
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH
NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : X / IPS
Semester : 2 (dua )
Alokasi Waktu : 42 x 45 menit
Standar kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geografi
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu ( menit ) | Sumber bahan |
3.1.Menganalisa dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi | Lithosfer Struktur lapisan kulit bumi
Tenaga pembentuk litosfer
Pedosfer Proses pembentukan tanah Jenis dan ciri tanah di indonesia Erosi tanah Penyebab erosi tanah
| Mengidentifikasi lapisan kulit bumi
Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentukan lapisan kulit bumi
Mengidentifikasi tenaga endogen dan eksogen
Menganalisis bentuk muka bumi akibat tenaga endogen dan eksogen serta pengaruh terhadap kehidupan
Menjelaskan perbedaan epirogenesa positif dan negatif
Menggambarkan macam lipatan dan patahan
Menentukan jarak episentral
Menjelaskan proses pembentukan tanah di indonesia
Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta indonesia
Menganalisis proses terjadinya erosi tanah dilingkungan sekitar
Menganalisis penyebab terjadi erosi tanah dan kerusakan tanah
Menganalisis dampak erosi tanah terhadap kehidupan
Mengidentifikasi usaha-usaha mengurangi terjadinya erosi | Siswa laki-laki dan perempuan mendiskripsikan struktur lapisan kulit bumi Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar atau model jenis batuan pembentuk kulit bumi
Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang dampak tenaga endogen dan eksogen (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis pengaruh bentuk muka bumi akibat endogen dan eksogen terhadap kehidupan Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menjelaskan perbedaan epirogenesa positif dan negatif Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menggambarkan macam patahan dan lipatan
Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menentukan jarak episentral
Siswa laki-laki dan perempuan membaca referensi tentang proses pembentukan tanah di indonesia
Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengidentifikasi jenis tanah pada peta di Indonesia
Secara kelompok seimbang laki-lakai perempuan mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya(diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengamati terjadinya erosi di DAS(diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah lainnya Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis dampak erosi tanah pada kehidupan Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi usaha mengurangi terjadinya erosi Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
| Jenis tagihan : TT: Menggambar struktur bumi Menggambar peta jalur pegunungan aktif yang ada di indonesia. Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Ulangan Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur
Bentuk tagihan : Gambar struktur bumi Gambar peta jalur pegunungan aktif Indonesia Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin
Jenis tagihan : TT: Diskusi tentang dampak tenaga endogen eksogen Gambar patahan dan lipatan Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Uraian berstruktur Tentang dampak tenaga endogen eksogen
Gambar patahan dan lipatan Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin
| 10 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Kumpulan lembar soal dan jawaban untuk metode Make a Match
Kliping gempa dan tsunami Aceh
Gambar struktur pelapisan bumi
Peta sebaran gunung api Indonesia
CD Interaktif
CD Film Tenaga endogen eksogen
Contoh jenis batuan
|
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi | · Atmosfer 1. Lapisan atmosfer
2. Unsur-unsur cuaca
3. Persebaran hujan di indonesia
4. Tipe iklim
5. Pemanasan global ( El Nino dan La Nina ) | · Mengungkapkan ciri lapisan atmosfer
· Menyimpulkan unsur-unsur cuaca
· Menyajikan informasi tentang persebaran curah hujan di indonesia
· Menentukan suhu rata-rata suatu wilayah dengan rumus gradient aerothermis
· Mengklasifikasi tipe iklim berdasarkan kreteria tertentu
· Mengidentifikasi faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina ) | · Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer melalui gambar struktur lapisan atmosfer Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
· Secara individu l;aki-laki maupun perempuan mengamati unsur cuaca disekolah
· Siswa laki-laki maupun perempuan membuat tabel / grafik persebaran curah hujan di Indonesia
· Siswa laki-laki maupun perempuan Menentukan suhu rata-rata suatu wilayah dengan rumus gradient aerothermis
· Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan menggali informasi tentang tipe iklim (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
· Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengidentifikasi faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina ) (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
|
|
|
|
3.3 Menaganalisis hidrosfer dan dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi | · Hidrosfer 1. Siklus hidrologi 2. Perairan darat dan laut - Air tanah - Sungai dan DAS - Rawa - Danau 3. Perairan laut - Zone pesisir dan laut - Klasifikasi laut - Morfologi laut - Gerakan air laut - Kualitas air laut 4. Upaya pelestarian perairan darat dan perairan laut | · Mengidentifikasi unsur utama siklus hidrologi
· Menganalisis berbagai jenis perairan darat
· Mengidentifikasi manfaat perairan darat bagi kehidupan
· Mengklasifikasikan jenis-jenis laut
· Mendiskripsikan manfaat perairan laut
· Menganalisa penyebab kerusakan hidrosfir
· Menganalisa upaya pelestarian perairan laut dan perairan darat | · Secara individu laki-laki dan perempuan mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender
· Siswa laki-laki dan perempuan menggambar siklus hidrologi
· Siswa laki-laki dan perempuan membaca referensi tentang berbagai jenis perairan darat
· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang manfaat perairan darat bagi kehidupan (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
· Siswa laki-laki dan perempuan melalui peragaan peta menunjukkan contoh jenis laut
· Siswa laki-laki dan perempuan secara kelompok diskusi tentang penyebab kerusakan hidrosfir
· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang upaya pelestarian perairan darat dan laut (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)
| Jenis tagihan : TT: Menggambar macam-macam siklus hidrologi TTT: Mengamati fenomena hidrosfer di wilayah Bojonegoro di sekitar tempat tinggal, Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin Peduli lingkungan dan sosial Kuis (memperhatikan perbedaan individu dan gender) Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)
Bentuk tagihan : Gambar siklus hidrologi Laporan pengamatan fenomena hidrosfer di sekitar tempat tinggal
| 10 x 45 menit | Buku-buku geografi yang relevan
Gambar siklus Hidrologi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar