Rabu, 19 Januari 2011

Silabus Kls. X

Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas : X

Semester : 1 (satu )

Alokasi Waktu : 22 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi

· Pengertian geografi

· Ruang lingkup geografi

· Menjelaskan geografi secara umum

· Menjelaskan pengertian geografi berdasar Semiloka Semarang

· Menjelaskan ruang lingkup geografi

· Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali definisi geografi

berdasar Semiloka Semarang

(menanamkan karakter gemar

membaca)

· Siswa laki-laki dan perempuan menyimpulkan ruang lingkup geografi

Jenis tagihan :

TT:

Membuat peta konsep materi

(menanamkan karakter gemar membaca, kreatif)

Kuis (memperhatikan perbedaan individu , gender)

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur

1 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,diantaranya

Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu

Geografi SMA Kelas X, Eni Anjani,PT.Macanan Jaya Cemerlang

1.2 Menjelaskan konsep pendekatan geografi

· Konsep geografi

· Metode / pendekatan geografi

1) Pendekatan keruangan

2) Pendekatan kewilayahan

- Pendekatan topik

- Pendekatan aktivitas manusia.

- Pendekatan regional

3) Pendekatan ekologi (ecological approach)

· Menyebutkan 10 konsep esensial geografi

· Menyebutkan 2 obyek oooobyek

· Mendiskripsikan metode

pendekatan geografi

· Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali konsep geografi

(menanamkan karakter

gemar membaca, kreatif)

· Siswa laki-laki dan perempuan menggali informasi tentang obyek, metode/dan pendekatan geografi dari berbagai referen. (menanamkan karakter gemar membaca)

Jenis tagihan :

TT:

Membuat peta konsep materi lanjutan (menanamkan karakter gemar membaca, kreatif )

Kuis (memperhatikan perbedaan individu , gender)

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur

1 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan,

misal pada 1.1

Gambar geosfer misal :

kondisi kota yang kotor dan tidak teratur, banjir, gempa dll.

1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi

· Prinsip-prinsip geografi

- Prinsip penyebaran

- Prinsip interrelasi

- Prinsip diskripsi

- Prinsip korologi

· Mengidentifikasi prinsip geografi

· Menjelaskan perbedaan prinsip geografi

· Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geografi

· Secara individu, laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi

Tanyajawab memperhatikan

perbedaan individi dan gender

· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda mengamati gambar fenomena geosfer

· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda menganalisis gambar tentang tanah longsor disuatu wilayah dikaji dari keempat prinsip geografi (menanamkan karakter religius,peduli lingkungan, peduli social)

Penanaman cinta lingkungan

(adiwyata)

· Siswa laki-laki dan perempuan mempresentasikan hasil diskusi

(menanamkan karakter kreatif,

komunikatif)

Jenis tagihan :

TT :

Diskusi kelompok (seimbang laki-laki perempuan , kelompok atas, sedang, bawah, menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif,tanggung jawab)

Kuis (memperhatikan perbedaan individu dan gender)

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin, mandiri, gemar membaca)

Bentuk tagihan :

Laporan ,presentasi

Uraian berstruktur

(menanamkan karakter kreatif, tanggungjawab,disiplin)

2 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar tanah longsor

1.4 Mendiskripsikan aspek geografi

· Aspek geografi

- Aspek fisik (alamiah) : gejala-gejala alam yang timbul

- Aspek social

( kehidupan) dengan

segala interaksi,

penyebaran maupun

relasinya

· Mendiskripsikan aspek-aspek geografi

· Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan sosial geografi

· Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

· Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referen (menanamkan karakter gemar membaca)

· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda mengamati gambar tentang aspek fisik dan social geografi (mananamkan karakter demokratis, komunikatif)

· Secara individu, siswa laki-laki dan perempuan membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan sosial dilingkungan daerah sekitar.(menanamkan karakter disiplin, peduli lingkungan, kreatif)

Jenis tagihan :

TMTT:

Mencari disekitar rumah/tempat tinggal, fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik dan social (menanamkan karakter religius, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,tanggungjawab,kreatif)

Penanaman rasa cinta lingkungan (adiwyata)

Kuis (memperhatikan perbedaan individu dan gender)

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin, mandiri, gemar membaca)

Bentuk tagihan :

Laporan pengamatan

2 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar geosfer social dan fisik

Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya

Tata surya dan Jagar raya

Arti tata surya

Arti jagad raya

Galaksi

Anggota tata surya

Bumi

Matahari

Planet

Hukum Keppler

Menjelaskan pengertian tata surya

Menjelaskan pengertian jagad raya

Menjelaskan pengertian galaksi

Menyebutkan macam bentuk galaksi

Menyebutkan anggota tata surya

Memberi penjelasan dampak

rotasi bumi

Memberi penjelasan dampak revolusi bumi

Menjelaskan bagian-bagian dari matahari

Menyebutkan pengaruh matahari terhadap bumi

Menjelaskan pengertian planet

Menyebutkan klasifikasi planet

Menjelaskan macam posisi planet

Menjelaskan hukum keppler I, II dan III

Secara individu,laki-laki dan perempuan menjelaskan arti tata surya dan jagad raya

Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang pengertian dan macam bentuk galaksi serta anggota tata surya (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang bagian matahari, pengaruh matahari terhadap bumi, (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Siswa laki-laki dan perempuan secara individu menjelaskan pengertian, klasifikasi dan macam posisi planet

Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender

Siswa laki-laki dan perempuan secara individu menjelaskan dengan gambar, tentang hokum Keppler I, II dan III

Jenis tagihan :

TMTT:

Mengamati angkasa di sekitar tempat tinggal

Menggambar susunan tata surya

Menggambar susunan tata surya

TT:

Melengkapi data jarak dan revolusi planet sesuai Hukum Keppler III

Penugasan menanamkan karakter kreatif, religius, disiplin, mandiri,gemar membaca

Ulangan

Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur

Bentuk tagihan :

Uraian Tidak Terstruktur tentang

Laporan pengamatan benda langit

Gambar susunan tata surya

Data terstruktur, tentang jarak dan revolusi planet

Penugasan menanamkan karakter religius, gemar membaca,disiplin

10x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Contoh gambar benda-benda langit

Solar System

CD Interaktif

CD Film

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

2.2 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi

· Proses terjadinya bumi

· Karakteristik pelapisan bumi

· Teori lempeng tektonik

· Menjeslaskan 4 teori terjadinya bumi

· Mengidentifikasi karakteristik

pelapisan bumi

· Menganalisis teori lempeng

tektonik dan kaitannya dengan

persebaran gunung api dan

gempa bumi serta menyebutkan

bukti dulunya di bumi hanya

ada satu benua

· Siswa laki-laki dan perempuan mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya bumi.

Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender

· Secara individu, laki-laki dan perempuan mengkaji tentang karakteristik dari pelapisan bumi

Tanya jawab memperhatikan perbedaan individu dan gender

· Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan serta kemampuan individu yang berbeda diskusi tentang lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi serta bukti dulunya di bumi hanya ada satu benua.

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Jenis tagihan :

TT:

Menggambar 7 lempeng utama dunia

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Diskusi teantang bukti dulunya bumi bersatu

Penanaman karakter demokratis, komunikatif

Menggambar 3 macam pertemuan lempeng

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Ulangan

Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur

Bentuk tagihan :

Gambar lempeng

Gambar 3 macam pertemuan lempeng

Uraian berstruktur tentang bukti dulunya bumi bersatu

6x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar proses terbentuknya bumi

Gambar lempeng tektonik

Gambar persebaran gunung api di dunia.

CD Interaktif

CD Film

Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. SIGIT HARSONO M.Pd. Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH

NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Jurusan : X / IPS

Semester : 2 (dua )

Alokasi Waktu : 42 x 45 menit

Standar kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geografi

Kompetensi dasar

Materi pembelajaran

Indikator

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

( menit )

Sumber bahan

3.1.Menganalisa dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi

Lithosfer

Struktur lapisan kulit bumi

Tenaga pembentuk litosfer

Pedosfer

Proses pembentukan tanah

Jenis dan ciri tanah di indonesia

Erosi tanah

Penyebab erosi tanah

Mengidentifikasi lapisan kulit bumi

Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentukan lapisan kulit bumi

Mengidentifikasi tenaga endogen dan eksogen

Menganalisis bentuk muka bumi akibat tenaga endogen dan eksogen serta pengaruh terhadap kehidupan

Menjelaskan perbedaan epirogenesa positif dan negatif

Menggambarkan macam lipatan dan patahan

Menentukan jarak episentral

Menjelaskan proses pembentukan tanah di indonesia

Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta indonesia

Menganalisis proses terjadinya erosi tanah dilingkungan sekitar

Menganalisis penyebab terjadi erosi tanah dan kerusakan tanah

Menganalisis dampak erosi tanah terhadap kehidupan

Mengidentifikasi usaha-usaha mengurangi terjadinya erosi

Siswa laki-laki dan perempuan mendiskripsikan struktur lapisan kulit bumi

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Siswa laki-laki dan perempuan mengamati gambar atau model jenis batuan pembentuk kulit bumi

Secara berkelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang dampak tenaga endogen dan eksogen (diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis pengaruh bentuk muka bumi akibat endogen dan eksogen terhadap kehidupan

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menjelaskan perbedaan epirogenesa positif dan negatif

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menggambarkan macam patahan dan lipatan

Secara individu siswa laki-laki dan perempuan menentukan jarak episentral

Siswa laki-laki dan perempuan membaca referensi tentang proses pembentukan tanah di indonesia

Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengidentifikasi jenis tanah pada peta di Indonesia

Secara kelompok seimbang laki-lakai perempuan mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya(diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengamati terjadinya erosi di DAS(diskusi menanamkan karakter disiplin, demokratis, komunikatif)

Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah lainnya

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Siswa laki-laki dan perempuan menganalisis dampak erosi tanah pada kehidupan

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi usaha mengurangi terjadinya erosi

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

Jenis tagihan :

TT:

Menggambar struktur bumi

Menggambar peta jalur pegunungan aktif yang ada di indonesia.

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Ulangan

Ulangan menanamkan karakter mandiri, gemar membaca, jujur

Bentuk tagihan :

Gambar struktur bumi

Gambar peta jalur pegunungan aktif Indonesia

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Jenis tagihan :

TT:

Diskusi tentang dampak tenaga endogen eksogen

Gambar patahan dan lipatan

Ulangan (menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur

Tentang dampak tenaga endogen eksogen

Gambar patahan dan lipatan

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

10 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Kumpulan lembar soal dan jawaban untuk metode Make a Match

Kliping gempa dan tsunami Aceh

Gambar struktur pelapisan bumi

Peta sebaran gunung api Indonesia

CD Interaktif

CD Film Tenaga endogen eksogen

Contoh jenis batuan

3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi

· Atmosfer

1. Lapisan atmosfer

2. Unsur-unsur cuaca

3. Persebaran hujan di indonesia

4. Tipe iklim

5. Pemanasan global ( El Nino dan La Nina )

· Mengungkapkan ciri lapisan atmosfer

· Menyimpulkan unsur-unsur cuaca

· Menyajikan informasi tentang persebaran curah hujan di indonesia

· Menentukan suhu rata-rata suatu wilayah dengan rumus gradient aerothermis

· Mengklasifikasi tipe iklim berdasarkan kreteria tertentu

· Mengidentifikasi faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina )

· Siswa laki-laki dan perempuan mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer melalui gambar struktur lapisan atmosfer

Tanyajawab memperhatikan perbedaan individi dan gender

· Secara individu l;aki-laki maupun perempuan mengamati unsur cuaca disekolah

· Siswa laki-laki maupun perempuan membuat tabel / grafik persebaran curah hujan di Indonesia

· Siswa laki-laki maupun perempuan Menentukan suhu rata-rata suatu wilayah dengan rumus gradient aerothermis

· Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan menggali informasi tentang tipe iklim

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

· Secara kelompok seimbang laki-laki perempuan mengidentifikasi faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nina )

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

3.3 Menaganalisis hidrosfer dan dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi

· Hidrosfer

1. Siklus hidrologi

2. Perairan darat dan laut

- Air tanah

- Sungai dan DAS

- Rawa

- Danau

3. Perairan laut

- Zone pesisir dan laut

- Klasifikasi laut

- Morfologi laut

- Gerakan air laut

- Kualitas air laut

4. Upaya pelestarian perairan darat dan perairan laut

· Mengidentifikasi unsur utama siklus hidrologi

· Menganalisis berbagai jenis perairan darat

· Mengidentifikasi manfaat perairan darat bagi kehidupan

· Mengklasifikasikan jenis-jenis laut

· Mendiskripsikan manfaat perairan laut

· Menganalisa penyebab kerusakan hidrosfir

· Menganalisa upaya pelestarian perairan laut dan perairan darat

· Secara individu laki-laki dan perempuan mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi

Tanyajawab

memperhatikan

perbedaan individi dan

gender

· Siswa laki-laki dan perempuan menggambar siklus hidrologi

· Siswa laki-laki dan perempuan membaca referensi tentang berbagai jenis perairan darat

· Secara kelompok

seimbang laki-laki dan

perempuan diskusi

tentang manfaat perairan

darat bagi kehidupan

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

· Siswa laki-laki dan perempuan melalui peragaan peta menunjukkan contoh jenis laut

· Siswa laki-laki dan perempuan secara kelompok diskusi tentang penyebab kerusakan hidrosfir

· Secara kelompok seimbang laki-laki dan perempuan diskusi tentang upaya pelestarian perairan darat dan laut

(diskusi menanamkan

karakter disiplin,

demokratis, komunikatif)

Jenis tagihan :

TT:

Menggambar macam-macam siklus hidrologi

TTT:

Mengamati fenomena hidrosfer di wilayah Bojonegoro di sekitar tempat tinggal,

Penanaman karakter kreatif,religius,disiplin

Peduli lingkungan dan sosial

Kuis

(memperhatikan perbedaan individu dan gender)

Ulangan

(menanamkan karakter jujur, disiplin)

Bentuk tagihan :

Gambar siklus hidrologi

Laporan pengamatan fenomena hidrosfer di sekitar tempat tinggal

10 x 45 menit

Buku-buku geografi yang relevan

Gambar siklus Hidrologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar