RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan : SMA
Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 14
Standar Kompetensi | : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer |
Kompetensi Dasar | : 3.3 Menganalis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi. |
Materi Pokok | : Hidrosfer |
Sub Materi Pokok | : Perairan darat dan laut 1.Menghitung kedalaman laut |
Indikator | 2.Menyebutkan 4 penyebab kerusakan hidrosfer 3.Menyebutkan 5 upaya pelestarian laut dan perairan darat |
Alokasi waktu | : 2 x 45 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa laki-laki maupun perempuan dapat :
1.Menghitung kedalaman laut dengan benar
2.Menyebutkan 4 penyebab kerusakan hidrosfer dengan benar
3.Menyebutkan 5 upaya pelestarian laut dan perairan darat dengan benar
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.Cara Mengukur Kedalaman Laut
Ada dua cara yang dapat ditempuh untuk mengukur kedalaman laut yaitu dengan menggunakan teknik bandul timah hitam (dradloading) dan teknik Gema duga atau Echo Sounder atau Echoloading.
a. | Teknik Bandul Timah Hitam (dradloading) |
b. | Gema duga atau Echo Sounder atau Echoloading
Rumus untuk mencari kedalaman laut melalui teknik gema duga adalah sebagai berikut:
Jadi misalnya diketahui waktu yang diperlukan untuk perambatan bolak-balik (t) ada 4 detik dan kecepatan suara dalam laut (V) = 1600 m/detik, maka kedalaman laut dapat dihitung sebagai berikut: Jadi kedalaman laut adalah 3200 m.
Bagaimana, tidak sulit bukan memahami uraian materi tersebut di atas, kalau masih ada kesulitan silahkan Anda berdiskusi dengan teman-temanmu atau bertanya pada Guru Pamong atau Guru Binamu. Marilah kita lanjutkan membahas materi lain yaitu tentang Gerakan air laut. |
2.Kerusakan hidrosfer ( laut dan perairan darat )
3.Upaya pelestarian perairan darat dan perairan laut
A. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah bervariasi, tanyajawab
B. MODEL PEMBELAJARAN
EVERYONE IS A TEACHER HERE (Setiap Orang Adalah Guru)
Untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Dan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya
C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal : ( ± 10 menit )
a. Apersepsi : Tanya jawab materi sebelumnya, penyampaian tujuan pembelajaran
b. Motivasi : Guru menunjukkan gambar kerusakan perairan
2. Kegiatan Inti : ( ± 70 menit )
Eksplorasi
Tanya jawab tentang pengertian konservasi/pelestarian
Elaborasi
a. Guru menyajikan materi secara umum dengan ceramah bervariasi
b. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi sesuai kebutuhan
c. Guru membagikan secarik kertas / kartu indeks kepada seluruh siswa
d. Setiap siswa diminta untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang
diterima dan dibaca
e. Kumpulkan kertas secara acak, kemudian dibagikan kepada siswa. Pastikan bahwa tidak
ada siswa yang menerima soal yang ditulis sendiri
f. Guru meminta siswa untuk membaca dalam hari soal yang diterima dan memikirkan
jawaban dari kartu tersebut
g. Guru meminta siswa secara sukarela untuk membacakan pertanyaan dan jawabannya
h. Setelah jawaban diberikan, guru meminta siswa lain untuk menambahkan
i. Lanjukan dengan sukarelawan berikutnya sesuai dengan waktu yang tersedia
Konfirmasi
Guru memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum jelas
3. Kegiatan akhir : ( ± 10 menit )
a. Kesimpulan
b.Refleksi : Siswa telah mengerti bahwa banyak faktor yang berpengaruh terhadap kualitas
air laut maupun darat.
KBM menanamkan karakter rasa ingin tahu, gemar membaca, komunikatif, disiplin, tanggungjawab, peduli lingkungan. Disamping itu juga cinta lingkungan (adiwyata) dan kewirausahaan (entrepreneur)
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.Foto / gambar pemcemaran air
2.Foto / Gambar yang berkaitan dengan pelestarian hidrosfer
3.Buku geografi yang relevan.
Geografi SMA kls x K. Wardiyatmoko, Erlangga, hal 188-212
4.Silabus
G.PENILAIAN
1.Teknik penilaian :
Tes tertulis
2.Bentuk instrumen :
Tes uraian
3.Soal / Instrumen :
1.Diketahui waktu yang diperlukan untuk perambatan bolak-balik (t) ada 4 detik dan
kecepatan suara dalam laut (V) = 1600 m/detik, hitunglah kedalaman lautnya !
2.Sebutkan 4 penyebab kerusakan hidrosfer
3.Sebutkan 5 upaya pelestarian laut dan perairan darat
4.Pedoman jawaban :
1.Jawaban :
Jadi kedalaman laut adalah 3200 m.
2.Penyebab kerusakan hidrosfer.
a.Pembuangan sampah penduduk, secara sembarangan
b.Pembuangan limbah pabrik secara sembarangan
c.Penebangan hutan secara liar tak terkendali,
d.Makin berkurangnya resapan air, lahan untuk perumahan, pabrik dll
3.Upaya pelestarian hidrosfer.
· Reboisasi
· Penyuluhan pada penduduk
· AMNDAL, ANDAL dll
PEDOMAN PENSKORAN
Model /Strategi Everyone Is A Teacher Here
Aspek Penilaian /kriteria penilaian
1. Kemampuan menyampaikan informasi / pendapat.
2. Kemampuan memberikan argument.
3. Kemampuan memberikan kritikan.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kelancaran berbicara.
Cara Penyekoran :
1, jika tidak baik.
2, jika baik.
3, jika sangat baik.
Rubrik/Lembar penilaian bentuk skala penilaian ( rating scale )
NO | NAMA SISWA | NO ABSEN | ASPEK PENILAIAN | SKOR | NILAI | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor yang diperoleh
NILAI = X 100
Skor maksimum ( 15 )
SKOR | NILAI |
1 | 6.7 |
2 | 13.3 |
3 | 20.0 |
4 | 26.7 |
5 | 33.3 |
6 | 40.0 |
7 | 46.7 |
8 | 53.3 |
SKOR | NILAI |
9 | 60.0 |
10 | 66.7 |
11 | 73.3 |
12 | 80.0 |
13 | 86.7 |
14 | 93.3 |
15 | 100 |
Mengetahui, | Bojonegoro, 23 Januari 2011 |
Kepala SMA N 3 Bojonegoro
Drs. Sigit Harsono, M.Pd. NIP. 19560112 197703 1 005 | Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Restu Wahyuningsih NIP. 19670123 199802 2 002 |
Catatan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar