RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA
Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 11
Standar Kompetensi | : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer |
Kompetensi Dasar | : 3.3. Menganalis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi. |
Materi Pokok | : Hidrosfer |
Sub Materi Pokok | : Perairan darat / Banjir di Bojonegoro |
Indikator | :1.Menyebutkan 5 faktor penyebab banjir di Bojonegoro 2.Menyebutkan 5 dampak banjir di Bojonegoro 3.Menjelaskan cara mengatasi banjir meliputi usaha preventif dan kuratif |
Alokasi waktu | :2 x 45 menit ( satu pertemuan ) |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa laki-laki maupun perempuan dapat :
1.Menyebutkan 5 faktor penyebab banjir di Bojonegoro dengan benar
2.Menyebutkan 5 dampak banjir di Bojonegoro dengan benar
3.Menjelaskan cara mengatasi banjir meliputi usaha preventif dan kuratif dengan benar
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Faktor penyebab banjir di Bojonegoro
- Penggundulan hutan bagian hulu
- Erosi dari bagian hulu
- Pengendapan / sedimentasi di bagian tengah dan hilir
- Alih fungsi hutan kawasan Bojonegoro untuk pertanian dan pemukiman
- Terhambatnya aliran sungai akibat sampah
- Makin Padatnya pemukiman penduduk di sepanjang aliran sungai
2. Dampak banjir di wilayah Bojonegoro
- Rusaknya sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi
- Kegiatan ekonomi terganggu ( pemerintahan, perdagangan, perbankan dll )
- Hasil pertanian merosot
- Mewabahnya berbagai macam penyakit
- Terganggunya psikologi masyarakat
- Kerugian materi dll
3. Cara penanggulangan banjir di wilayah Bojonegoro
- Usaha preventif ( pencegahan, sebelum terjadi banjir )
a. Penghijauan dan reboisasi
b. Penataan lahan di DAS hulu ( penggunaan lahan sesuai peruntukannya )
c. Pembangunan bendungan pengendali banjir
d. Penanganan drainase perkotaan ( pengerukan, pembuatan tanggul sungai )
e. Perbaikan dan pengaturan ( pembangunan dan rehabilitasi prasarana
pengairan, normalisasi sungai )
f. Penataan bantaran sungai
g. Pemberdayaan peran serta masyarakat
h. Penyuluhan tentang pentingnya hutan dan bahaya banjir
i. Pengembangan system peringatan dini
j. Memperkenalkan konsep “ Living Harmony With Flood “
dan “ Flood Front Area Management “
k. Pengembangan system informasi
l. Mengenal pola tanaman musim tanam sesuai dengan kondisi geografis yang unik
- Usaha Kuratif ( setelah terjadi banjir )
a. Penanganan mendesak sedimentasi Waduk Wonogiri
b. Pemberdayaan peran serta masyarakat
c. Penguatan koordinasi ( pembentukan wadah koordinasi, kesepakatan )
d. Membangun pola hidup responsive dan antisipasif
e. Mengaktifkan penggunaan pompa air
f. Menyediakan tempat evakuasi warga korban banjir
C.METODE PEMBELAJARAN
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Ceramah Bervariasi
D.MODEL PEMBELAJARAN
Point Counterpoint
Untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam
E.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.Kegiatan awal : ( ± 10 menit )
a.Apersepsi : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.Motivasi : Guru menunjukkan foto / gambar banjir
2.Kegiatan Inti : ( ± 70 menit )
Eksplorasi
Tanyajawab tentang pengertian banjir
Elaborasi
Guru menyampaikan materi secara umum sesuai indikator, dengan tanyajawab dan
ceramah bervariasi, dilanjutkan model /strategi pembelajaran point counterpoint dengan langkah sebagai berikut :
a. Pilih isu-isu yang mempunyai beberapa perspektif
b. Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah perspektif yang telah ditentukan (pembagian kelompok memperhatikan perbedaan individu dan gender)
c. Guru meminta masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen-argumen sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili
d. Kumpulkan kembali semua siswa dengan catatansiswa duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok
e. Mulai debat dengan mempersilahkan kelompok mana saja yang akan memulai
f. Setelah siswa menyampaikan pandangan kelompoknya, mintalah tanggapan,bantahan atau koreksi dari kelompok lain
g. Lanjutkan proses sesuai waktu yang memungkinkan
Konfirmasi
Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggarisbawahi atau mencari titik temu dari argumen-argumen yang muncul
3.Kegiatan akhir : ( ± 10 menit )
Kesimpulan : Kesimpulan dari materi pembahasan
KBM dan penugasan menanamkan karakter rasa ingin tahu, gemar membaca, komunikatif, disiplin, tanggungjawab, peduli lingkungan. Disamping itu juga cinta lingkungan (adiwyata) dan kewirausahaan (entrepreneur), misalnya, dari berbagai dampak dan pencegahan maupun penanggulangan banjir Bojonegoro merupakan peluang besar untuk suatu usaha/bisnis
F.SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Gambar / foto banjir
b. Buku yang relevan
c. Silabus
G.PENILAIAN
1.Teknik penilaian :
Tes tertulis
2. Bentuk instrumen :
Tes uraian
3.Soal / Instrumen :
3.1. Sebutkan 5 penyebab banjir di Bojonegoro !
3.2. Sebutkan 5 Dampak banjir di Bojonegoro !
3.3. Jelaskan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah banjir di Bojonegoro
(preventif dan kuratif ) !
4.Pedoman Jawaban :
1. Faktor penyebab banjir di Bojonegoro
- Penggundulan hutan bagian hulu
- Erosi dari bagian hulu
- Pengendapan / sedimentasi di bagian tengah dan hilir
- Alih fungsi hutan kawasan Bojonegoro untuk pertanian dan pemukiman
- Terhambatnya aliran sungai akibat sampah
- Makin Padatnya pemukiman penduduk di sepanjang aliran sungai
2. Dampak banjir di wilayah Bojonegoro
- Rusaknya sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi
- Kegiatan ekonomi terganggu ( pemerintahan, perdagangan, perbankan dll )
- Hasil pertanian merosot
- Mewabahnya berbagai macam penyakit
- Terganggunya psikologi masyarakat
- Kerugian materi dll
3. Cara penanggulangan banjir di wilayah Bojonegoro
- Usaha preventif ( pencegahan, sebelum terjadi banjir )
a. Penghijauan dan reboisasi
b. Penataan lahan di DAS hulu ( penggunaan lahan sesuai peruntukannya )
c. Pembangunan bendungan pengendali banjir
d. Penanganan drainase perkotaan ( pengerukan, pembuatan tanggul sungai )
e. Perbaikan dan pengaturan ( pembangunan dan rehabilitasi prasarana
pengairan, normalisasi sungai )
f. Penataan bantaran sungai
g. Pemberdayaan peran serta masyarakat
h. Penyuluhan tentang pentingnya hutan dan bahaya banjir
i. Pengembangan system peringatan dini
j. Memperkenalkan konsep “ Living Harmony With Flood “
dan “ Flood Front Area Management “
k. Pengembangan system informasi
l. Mengenal pola tanaman musim tanam sesuai dengan kondisi geografis yang unik
- Usaha Kuratif ( setelah terjadi banjir )
a. Penanganan mendesak sedimentasi Waduk Wonogiri
b. Pemberdayaan peran serta masyarakat
c. Penguatan koordinasi ( pembentukan wadah koordinasi, kesepakatan )
d. Membangun pola hidup responsive dan antisipasif
e. Mengaktifkan penggunaan pompa air
f. Menyediakan tempat evakuasi warga korban banjir
5. Pedoman Penilaian Tes Uraian
NO | SKOR | NILAI | |
1 | 3 | 30 |
|
2 | 2 | 20 |
|
3 | 5 | 50 |
|
JML | 10 | 100 |
|
6. Pedoman Penilaian Point Counterpoint
Aspek Penilaian /kriteria penilaian
- Kerjasama
- Ketepatan waktu, jumlah jawaban
- Kesesuaian jawaban dengan permasalahan
- Kerapian dan kebersihan
- Keaktifan , penyampaian presentasi
Cara pensekoran :
1.Jika tidak baik
2.Jika baik
3.Jika sangat baik
Rubrik/Lembar penilaian bentuk skala penilaian ( rating scale )
NO | NAMA KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | JML. SKOR | NILAI | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
| ||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Skor diperoleh dibagi skor maksimum ( 15 ), dikalikan 100
SKOR | NILAI |
9 | 60.0 |
10 | 66.7 |
11 | 73.3 |
12 | 80.0 |
13 | 86.7 |
14 | 93.3 |
15 | 100 |
SKOR | NILAI |
1 | 6.7 |
2 | 13.3 |
3 | 20.0 |
4 | 26.7 |
5 | 33.3 |
6 | 30.0 |
7 | 46.7 |
8 | 53.3 |
Mengetahui, | Bojonegoro, 23 Januari 2011 |
Kepala SMA N 3 Bojonegoro
Drs. Sigit Harsono , M.Pd. NIP. 19560112 197703 1 005 | Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Restu Wahyuningsih NIP. 19670123 199802 2 002 |
Catatan :
|
|
|
|
LAMPIRAN
FOTO BENGAWAN SOLO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar