Minggu, 16 Januari 2011

RPP Kls.X2.6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan : SMA

Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Bojonegoro

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas / Semester : X / 2

Pertemuan ke : 6

Standar Kompetensi

: 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer

Kompetensi Dasar

: 3.2 Menganalis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka

bumi.

Materi Pokok

: Atmosfer

Sub Materi Pokok

:1. lapisan atmosfer

2. Unsur-unsur cuaca

Indikator

· Mengungkapkan ciri lapisan atmosfer

1. Menyebutkan 4 macam lapisan atmosfer mulai dari bawah

2. Menyebutkan 4 ciri-ciri atmosfer

3. Menyebutkan 2 ciri - ciri troposfer

· Menyimpulkan unsur - unsur cuaca

4. Menyebutkan 4 macam unsur cuaca

5. Menyebutkan 4 faktor yang mempengaruhi besarnya suhu suatu

tempat

6. Menentukan suhu rata-rata suatu tempat

7. Menyebutkan hukum Buys Ballot

8. Menggambarkan macam-macam angin

Alokasi waktu

: 2 x 45 menit ( satu pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa laki-laki maupun perempuan dapat :

1. Menyebutkan 4 macam lapisan atmosfer mulai dari bawah dengan benar

2. Menyebutkan 4 ciri-ciri atmosfer dengan benar

3. Menyebutkan 2 ciri troposfer dengan benar

4. Menyebutkan 4 macam unsur cuaca dengan benar

5. Menyebutkan 4 faktor yang mempengaruhi besarnya suhu suatu tempat dengan benar

6. Menentukan suhu rata-rata suatu tempat dengan benar

7. Menyebutkan hukum Buys Ballot dengan benar

8. Menggambarkan macam-macam angin dengan benar

B. MATERI PEMBELAJARAN

Lapisan atmosfer dari bawah : troposfer, stratosfer, mesosfer, eksosfer/dissipasisfer

Ciri-ciri/sifat atmosfer : tidak berwarna, tidak berbau, memiliki berat, bergerak dari tekanan

tinggi ke rendah.

Ciri-ciri troposfer diantaranya, tempat terjadinya peristiwa cuaca dan iklim makin bertambah

ketinggian, suhu makin rendah.

Unsur cuaca/iklim adalah : suhu, tekanan, angin, kelembaban, curah hujan, keawanan

Faktor yang mempengaruhi besarnya suhu adalah : Ketinggian, keawanan, sudut datang, lama

penyinaran, angin dan arus laut

Gas penyusun atmosfer

GRADIENT AEROTHERMIS

Rumus Gradient Aerothermis disebut juga Rumus Braak



A.

B.

C.


Keterangan :

T = Suhu rata-rata suatu tempat ( dalam 0C )

26,30C = Suhu rata-rata permukaan air laut.

0,6 = Besarnya penurunan suhu ( pembulatan dari 0,570C )

h = Ketinggian suatu tempat ( dalam meter )

100 = Besarnya kenaikan ketinggian pada penurunan suhu 0,60C ( dalam

meter )

Perubahan Fase Air

Gradient baromatrik ialah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar pada tiap jarak 15 meridian (111 km). Misalnya :

Kekuatan angin A dan P terletak pada isobar 1000 mb. B dan Q pada isobar 990 mb. Jarak AB = 80 km, Jarak PQ = 150 km.

Gambar Teori dasar gerakan angin



C. METODE PEMBELAJARAN

a. Ceramah Bervariasi

b. Tanya jawab

c. Demonstrasi

D. MODEL PEMBELAJARAN

Snowball Throwing

E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Awal ( ± 10 menit )

a. Apersepsi : Menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar,tujuan

pembelajaran

b. Motivasi : Menunjukkan CD Interaktif / animasi tentang atmosfer, misal angin topan

2. Kegiatan Inti ( ± 75 menit )

Eksplorasi

Tanya jawab tentang pengertian atmosfer

Elaborasi

a. Menunjukkan gambar struktur lapisan atmosfer, membahas materi macam lapisan atmosfer

b. Tanya jawab tentang ciri atmosfer dan troposfer,unsur cuaca/iklim, faktor penentu besarnya suhu, hukum Buys Ballot.

Model / strategi pembelajaran Snowball Throwing

a. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan pada model / strategi snowball throwing

( hukum buys ballot dan macam angin )

b. Guru membentuk kelompok dan memanggil wakil setiap kelompok untuk memberikan

penjelasan tentang materi.Pembentukan kelompok mempertimbangkan gender dan

perbedaan individu

c. Wakil kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang

disampaikan guru

d. Masing-masing siswa diberi satu lembar kertas kerja untuk menuluskan satu pertanyaan

apa saja yang menyangkut materi yang sudah disampaikan guru / wakil kelompok

e. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari siswa ke siswa yang lain

f. Setelah satu siswa dapat satu bola/ satu pertanyaan diberikan kesempatan pada siswa untuk

menjawab pertanyaan tertulis dalam bola kertas secara bergantian

Konfirmasi

Guru memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum/kurang memahami materi

pembelajaran

3. Kegiatan Akhir ( ± 5 menit )

a. Kesimpulan materi dan proses pembelajaran

b. Penugasan : individu, menggambar macam-macam angin, waktu satu pekan, pada kertas

ukuran folio

Kegiatan pembelajaran dan penugasan menanamkan karakter tanggung jawab, toleransi, komunikasi, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli lingkumgan , cinta lingkungan (adiwyata), entrepreneur (wirausaha), pemanfaatan unsur cuaca /iklim untuk usaha

F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

1. CD Interaktif / animasi atmosfer

2. Gambar struktur lapisan atmosfer

3. Kertas HVS untuk model/strategi snowball throwing

6. Buku Geografi yang relefan misal:

Geografi kls X SMA, K. wardiyatmoko, Erlangga, hal. 127-144

Geografi X SMA/MA, Danang Endarto dkk, hal. 124-156

G. PENILAIAN

1.Teknik Penilaian :

a. Tes Tertulis

b. Tes unjuk kerja

2.Bentuk / Instrumen :

a. Tes uraian

b. Tes Penugasan

3.Soal / Intrumen

Tes Uraian :

1. Sebutkan 4 macam lapisan atmosfer mulai dari bawah !

2. Sebutkan 4 ciri-ciri atmosfer

3. Sebutkan 2 ciri - cirri troposfer

4. Sebutkan 4 macam unsur cuaca

5. Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi besarnya suhu suatu tempat

6 . Berapakah suhu rata-rata suatu tempat yang ada pada ketinggian 3.000 meter?

7. Sebutkan hukum Buys Ballot

8. Gambarkan macam-macam angin

4.Pedoman jawaban

1. troposfer, stratosfer, mesosfer, eksosfer

2. tidak berwarna, tidak berbau, memiliki berat, bergerak dari tekanan tinggi ke rendah.

3. tempat terjadinya peristiwa cuaca dan iklim makin bertambah ketinggian, suhu makin rendah.

4. suhu, tekanan, angin, kelembaban, curah hujan, keawanan

5. Ketinggian, keawanan, sudut datang, lama penyinaran, angin dan arus laut

6. Penyelesaian :

D1 h = 3.000 meter

D2 T ?

D3 T = 26,3 0C – ( 0,6 x h )0C

100

= 26,3 0C – ( 0,6 x 3.000 )0C

100

= 26,3 0C – (18)0C

= 8,30C

Jadi, suhu rata-rata tempat tersebut adalah 8,30C.

7. Udara bergerak dari tekanan maksimum ke tekanan minimum, di belahan bumi Utara berbias

ke kanan, di belahan bumi Selatan berbias ke kiri

8. Gambarkan macam-macam angin

PEDOMAN PENSKORAN

NOMOR SOAL

SKOR

1

5

2

5

3

4

4

4

5

4

6

8

JML.

30

SKOR

NILAI

1

3.3

2

6.7

3

10.0

4

13.3

5

16.7

6

20.0

7

23.3

8

26.7

9

30.0

10

33.3

SKOR

NILAI

11

36.7

12

40.0

13

43.3

14

46.7

15

50.0

16

53.3

17

56.7

18

60.0

19

63.3

20

66.7

SKOR

NILAI

21

70.0

22

73.3

23

76.7

24

80.0

25

83.3

26

86.7

27

90.0

28

93.3

29

96.7

30

100

PEDOMAN PENSKORAN DAN PENILAIAN MODEL/STRATEGI SNOWBALL THROWING

Aspek Penilaian/kriteria penilaian :

1.Kemampuan memahami materi dari guru

2.Kemampuan memberikan penjelasan kepada anggota

3.Kemampuan memberikan pertanyaan

4.Kemampuan memberikan jawaban

5.Kemampuan bekerjasama

Cara Penyekoran :

1, jika tidak baik.

2, jika baik.

3, jika sangat baik.

Rubrik / Lembar penilaian bentuk skala penilaian ( rating scale )

NO

NAMA KELOMPOK

NAMA ANGGOTA

ASPEK PENILAIAN

SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

1










2










3










4










5










6










7










8










Dst.












SKOR

NILAI

1

6.7

2

13.3

3

20.0

4

26.7

5

33.3

6

40.0

7

46.7

8

53.3

SKOR

NILAI

9

60.0

10

66.7

11

73.3

12

80.0

13

86.7

14

93.3

15

100

Catatan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar