PROGRAM TINDAK LANJUT
PENILAIAN SISWA
NAMA SEKOLAH : SMAN 3 Bojonegoro
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : X dan XI
NO |
PENILAIAN
| URAIAN | TINDAK LANJUT | KETERANGAN |
1 | UH | Kurang dari KKM (70)
Lebih dari KKM,kurang dari 80
Lebih dari 80 | Remidi, kesempatan 2 x
Motivasi untuk meningkatkan prestasi
Pengayaan
| Soal remidi sama dengan soal UH, ditekankan untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
2 | UTS | Kurang dari KKM (70)
Sama dan lebih dari KKM
| Himbauan, motivasinilai tugas, UH lebih dari KKM karena UTS tidak ada remidi
Motivasi untuk lebih meningkat | Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
3 | UAS | Kurang dari KKM (70)
Sama dan lebih dari KKM
| Himbauan, motivasinilai untuk penilaian kelas lebih dari KKM karena UAS tidak ada remidi
Motivasi untuk lebih meningkat | Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
4 | Tanya jawab ( kuis ) | Siswa aktif bertanya atau menjawab
Siswa kurang / tidak aktif | Diberi penguatan, pujian, motivasi dan point plus
Pemberian motivasi dan informasi bahwa keaktifan sangat berpengaruh terhadap nilai
| Point plus setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH
Kesempatan sama laki-laki dan perempuan |
5 | PR | Tidak mengerjakan
Mengerjakan
Mengerjakan lebih dari yang semestinya
| Mendapat point min (-) atau negative
Dikotreksi, dibahas, dinilai sesuai bobot hasil pekerjaan
Point Plus | Point min setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH
Jika yang tidak mengerjakan tidak ada usaha untuk memenuhi pekerjaannya, nilai o |
6 | Diskusi | Aktif
Pasif
Kurang kerja sama
Mendominasi | Motivasi dengan penguatan/pujian dan penilaian sesuai RPP
Motivasi untuk lebih aktif
Teguran/nasehatuntuk lebih kompak, pembelajaran toleransi, gotong royong
Teguran/nasehat untuk lebih toleransi dan demokratis
| Penanaman nilai karakter bangsa cinta tanah air, religius (misal materi jagad raya, tata surya),Rasamenghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan. |
7 | Penugasan | Tepat waktu, lengkap, bagus, benar
Tidak tepat waktu, lengkap atau tidak, benar atau tidak
Tidak tepat waktu, salah, tidak bagus
Tidak mengerjakan
| Pemberian pujian, nilai layak sesuai pekerjaannya
Teguran, nilai sedang
Teguran, nilai minimal
Teguran, nilai 0 | Penanaman nilai karakter bangsa disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air ( misal: biosfer), rasa bersahabat/komunikatif, cinta damai (missal: tugas kelompok).Selain itu juga rasa gemar membaca, peduli lingkungan,, peduli sosial (misal tentang antroposfer) serta tanggung jawab. |
8 | Sikap ( afektif )
| Sikap baik
Kurang dan tidak baik
| Pujian / penguatan
Teguran , nasehat | Nilai sesuai sikap masing-masing siswa, baik laki-laki maupun perempuan |
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. SIGIT HARSONO M.Pd Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH
NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002
PROGRAM TINDAK LANJUT
PENILAIAN SISWA
NAMA SEKOLAH : SMPN 1 Bojonegoro
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS : VIII
NO |
PENILAIAN
| URAIAN | TINDAK LANJUT | KETERANGAN |
1 | UH | Kurang dari KKM (70)
Lebih dari KKM,kurang dari 80
Lebih dari 80 | Remidi, kesempatan 2 x
Motivasi untuk meningkatkan prestasi
Pengayaan
| Soal remidi sama dengan soal UH, ditekankan untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
2 | UTS | Kurang dari KKM (70)
Sama dan lebih dari KKM
| Himbauan, motivasinilai tugas, UH lebih dari KKM karena UTS tidak ada remidi
Motivasi untuk lebih meningkat | Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
3 | UAS | Kurang dari KKM (70)
Sama dan lebih dari KKM
| Himbauan, motivasinilai untuk penilaian kelas lebih dari KKM karena UAS tidak ada remidi
Motivasi untuk lebih meningkat | Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri |
4 | Tanya jawab ( kuis ) | Siswa aktif bertanya atau menjawab
Siswa kurang / tidak aktif | Diberi penguatan, pujian, motivasi dan point plus
Pemberian motivasi dan informasi bahwa keaktifan sangat berpengaruh terhadap nilai
| Point plus setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH
Kesempatan sama laki-laki dan perempuan |
5 | PR | Tidak mengerjakan
Mengerjakan
Mengerjakan lebih dari yang semestinya
| Mendapat point min (-) atau negative
Dikotreksi, dibahas, dinilai sesuai bobot hasil pekerjaan
Point Plus | Point min setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH
Jika yang tidak mengerjakan tidak ada usaha untuk memenuhi pekerjaannya, nilai o |
6 | Diskusi | Aktif
Pasif
Kurang kerja sama
Mendominasi | Motivasi dengan penguatan/pujian dan penilaian sesuai RPP
Motivasi untuk lebih aktif
Teguran/nasehatuntuk lebih kompak, pembelajaran toleransi, gotong royong
Teguran/nasehat untuk lebih toleransi dan demokratis
| Penanaman nilai karakter bangsa cinta tanah air, religius (misal materi jagad raya, tata surya),Rasamenghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan. |
7 | Penugasan | Tepat waktu, lengkap, bagus, benar
Tidak tepat waktu, lengkap atau tidak, benar atau tidak
Tidak tepat waktu, salah, tidak bagus
Tidak mengerjakan
| Pemberian pujian, nilai layak sesuai pekerjaannya
Teguran, nilai sedang
Teguran, nilai minimal
Teguran, nilai 0 | Penanaman nilai karakter bangsa disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air ( misal: biosfer), rasa bersahabat/komunikatif, cinta damai (missal: tugas kelompok).Selain itu juga rasa gemar membaca, peduli lingkungan,, peduli sosial (misal tentang antroposfer) serta tanggung jawab. |
8 | Sikap ( afektif )
| Sikap baik
Kurang dan tidak baik
| Pujian / penguatan
Teguran , nasehat | Nilai sesuai sikap masing-masing siswa, baik laki-laki maupun perempuan |
Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010
Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Fisika Guru Mata Pelajaran Geografi
Drs. H. SUYITNO, M.Pd PRIHASTONO S. Pd.
NIP. 19600314 198403 1 013 NIP. 19630619 198601 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar