Rabu, 19 Januari 2011

Program Tindak Lanjut Penilaian

PROGRAM TINDAK LANJUT

PENILAIAN SISWA

NAMA SEKOLAH : SMAN 3 Bojonegoro

MATA PELAJARAN : Geografi

KELAS : X dan XI

NO

PENILAIAN

URAIAN

TINDAK LANJUT

KETERANGAN

1

UH

Kurang dari KKM (70)

Lebih dari KKM,kurang dari 80

Lebih dari 80

Remidi, kesempatan 2 x

Motivasi untuk meningkatkan prestasi

Pengayaan

Soal remidi sama dengan soal UH, ditekankan untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

2

UTS

Kurang dari KKM (70)

Sama dan lebih dari KKM

Himbauan, motivasinilai tugas, UH lebih dari KKM karena UTS tidak ada remidi

Motivasi untuk lebih meningkat

Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

3

UAS

Kurang dari KKM (70)

Sama dan lebih dari KKM

Himbauan, motivasinilai untuk penilaian kelas lebih dari KKM karena UAS tidak ada remidi

Motivasi untuk lebih meningkat

Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

4

Tanya jawab

( kuis )

Siswa aktif bertanya atau menjawab

Siswa kurang / tidak aktif

Diberi penguatan, pujian, motivasi dan point plus

Pemberian motivasi dan informasi bahwa keaktifan sangat berpengaruh terhadap nilai

Point plus setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH

Kesempatan sama laki-laki dan perempuan

5

PR

Tidak mengerjakan

Mengerjakan

Mengerjakan lebih dari yang semestinya

Mendapat point min (-) atau negative

Dikotreksi, dibahas, dinilai sesuai bobot hasil pekerjaan

Point Plus

Point min setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH

Jika yang tidak mengerjakan tidak ada usaha untuk memenuhi pekerjaannya, nilai o

6

Diskusi

Aktif

Pasif

Kurang kerja sama

Mendominasi

Motivasi dengan penguatan/pujian dan penilaian sesuai RPP

Motivasi untuk lebih aktif

Teguran/nasehatuntuk lebih kompak, pembelajaran toleransi, gotong royong

Teguran/nasehat untuk lebih toleransi dan demokratis

Penanaman nilai karakter bangsa cinta tanah air, religius (misal materi jagad raya, tata surya),Rasamenghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan.

7

Penugasan

Tepat waktu, lengkap, bagus, benar

Tidak tepat waktu, lengkap atau tidak, benar atau tidak

Tidak tepat waktu, salah, tidak bagus

Tidak mengerjakan

Pemberian pujian, nilai layak sesuai pekerjaannya

Teguran, nilai sedang

Teguran, nilai minimal

Teguran, nilai 0

Penanaman nilai karakter bangsa disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air ( misal: biosfer), rasa bersahabat/komunikatif, cinta damai (missal: tugas kelompok).Selain itu juga rasa gemar membaca, peduli lingkungan,, peduli sosial (misal tentang antroposfer) serta tanggung jawab.

8

Sikap

( afektif )

Sikap baik

Kurang dan tidak baik

Pujian / penguatan

Teguran , nasehat

Nilai sesuai sikap masing-masing siswa, baik laki-laki maupun perempuan

Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMA Negeri 3 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Geografi Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. SIGIT HARSONO M.Pd Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH

NIP. 19560112 197703 1 005 NIP. 19670123 199802 2 002

PROGRAM TINDAK LANJUT

PENILAIAN SISWA

NAMA SEKOLAH : SMPN 1 Bojonegoro

MATA PELAJARAN : Fisika

KELAS : VIII

NO

PENILAIAN

URAIAN

TINDAK LANJUT

KETERANGAN

1

UH

Kurang dari KKM (70)

Lebih dari KKM,kurang dari 80

Lebih dari 80

Remidi, kesempatan 2 x

Motivasi untuk meningkatkan prestasi

Pengayaan

Soal remidi sama dengan soal UH, ditekankan untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

2

UTS

Kurang dari KKM (70)

Sama dan lebih dari KKM

Himbauan, motivasinilai tugas, UH lebih dari KKM karena UTS tidak ada remidi

Motivasi untuk lebih meningkat

Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

3

UAS

Kurang dari KKM (70)

Sama dan lebih dari KKM

Himbauan, motivasinilai untuk penilaian kelas lebih dari KKM karena UAS tidak ada remidi

Motivasi untuk lebih meningkat

Pembelajaran untuk nilai karakter bangsa jujur dan mandiri

4

Tanya jawab

( kuis )

Siswa aktif bertanya atau menjawab

Siswa kurang / tidak aktif

Diberi penguatan, pujian, motivasi dan point plus

Pemberian motivasi dan informasi bahwa keaktifan sangat berpengaruh terhadap nilai

Point plus setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH

Kesempatan sama laki-laki dan perempuan

5

PR

Tidak mengerjakan

Mengerjakan

Mengerjakan lebih dari yang semestinya

Mendapat point min (-) atau negative

Dikotreksi, dibahas, dinilai sesuai bobot hasil pekerjaan

Point Plus

Point min setara skor 2 untuk menambah nilai rata-rata NH

Jika yang tidak mengerjakan tidak ada usaha untuk memenuhi pekerjaannya, nilai o

6

Diskusi

Aktif

Pasif

Kurang kerja sama

Mendominasi

Motivasi dengan penguatan/pujian dan penilaian sesuai RPP

Motivasi untuk lebih aktif

Teguran/nasehatuntuk lebih kompak, pembelajaran toleransi, gotong royong

Teguran/nasehat untuk lebih toleransi dan demokratis

Penanaman nilai karakter bangsa cinta tanah air, religius (misal materi jagad raya, tata surya),Rasamenghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan.

7

Penugasan

Tepat waktu, lengkap, bagus, benar

Tidak tepat waktu, lengkap atau tidak, benar atau tidak

Tidak tepat waktu, salah, tidak bagus

Tidak mengerjakan

Pemberian pujian, nilai layak sesuai pekerjaannya

Teguran, nilai sedang

Teguran, nilai minimal

Teguran, nilai 0

Penanaman nilai karakter bangsa disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air ( misal: biosfer), rasa bersahabat/komunikatif, cinta damai (missal: tugas kelompok).Selain itu juga rasa gemar membaca, peduli lingkungan,, peduli sosial (misal tentang antroposfer) serta tanggung jawab.

8

Sikap

( afektif )

Sikap baik

Kurang dan tidak baik

Pujian / penguatan

Teguran , nasehat

Nilai sesuai sikap masing-masing siswa, baik laki-laki maupun perempuan

Mengetahui Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010 Bojonegoro, Juli 2010

Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro Guru Mata Pelajaran Fisika Guru Mata Pelajaran Geografi

Drs. H. SUYITNO, M.Pd PRIHASTONO S. Pd.

NIP. 19600314 198403 1 013 NIP. 19630619 198601 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar