Rabu, 19 Januari 2011

TT TMTT Kls. X

PROGRAM PENUGASAN SISWA

TUGAS TERSTRUKTUR (TT)

DAN

KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas : X

Semester : 1 (satu )

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

TUGAS TERSTRUKTUR

TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR

WAKTU

KETERANGAN

1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi

2. Memahami sejarah pembentukan bumi

1.1.Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi

1.2.Menjelaskan konsep pendekatan geografi

1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi

1.4 Mendiskripsikan aspek geografi

2.1.Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya

2.2 Menjelaskan sejarah terbentuknya bumi

Tugas individu membuat peta konsep materi

Siswa laki-laki maupun perempuan secara individu menganalisis tentang benda-benda langit, ukuran, jarak, revolusi, diameter

Berdiskusi menganalisis beberapa teori terjadinya tata surya- jagad raya dan pengertian serta macam bentuk galaksi

Berdiskusi menganalisis beberapa teori terbentuknya bumi dan bukti bumi dulu bersatu

PR LKS

Tugas kelompok mengidentifikasi mengapa benua dikatakan sebagai lempeng yang terapung

Tugas individu menggambar 7 macam lempeng utama dunia, waktu satu pekan

Tugas individu menggambar 3 macam pertemuan lempeng disertai masing- masing dampaknya, waktu satu pekan, sumber Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu

Berdiskusi tentang teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi, dilanjutkan presentasi

PR soal-soal latihan

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan menganalisis gambar fenomena tanah longsor kemudian mengkaji ke-4 prinsip geografi.

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mengidentifikasi contoh-contoh fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar dikaitkan dengan prinsip geografi

Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan, mengidentifikasi perbedaan aspek fisik dan sosial melalui gambar dan mencari contoh-contoh aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

Tugas individu mencari di sekitar rumah/tempat tinggal, fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik

dan sosial

Tugas individu membuat laporan pengamatan angkasa di sekitar tempat tinggal

Tugas individu menggambar susunan tata surya pada buku tugas, dengan diwarna, waktu satu pekan.TT:Melengkapi data jarak dan revolusi planet sesuai Hukum Keppler III, sumber Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu

TT:1 pekan

TMTT:

50 menit

50 menit

1 pekan

TT: 40 menit

TMTT:

1 pekan

TT:

40 menit

TMTT:

1 pekan

Diskusi 40 menit, PR LKS 1 pekan

Diskusi 40 menit, menggambar 1 pekan

1 pekan

50 menit

1 pekan

RPP 01 dan 02

RPP 03

RPP 03

RPP 04

RPP 05

RPP 06

RPP 07

RPP 08

RPP 09

PROGRAM PENUGASAN SISWA

TUGAS TERSTRUKTUR (TT)

DAN

KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas : X

Semester : 2 ( dua )

Tahun Pelajaran : 2010-2011

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

TUGAS TERSTRUKTUR

KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR

WAKTU

KETERANGAN

3. Menganalisis

unsur-unsur

geosfer

3.1. Menganalisis dinamika dan kecende rungan perubahan litos fer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.

Penugasan mencari pasangan yang sesuai antara jawaban dan pertanyaan tentang materi yang dibahas. Pada saat Strategi Index Card Match ( Mencari Pasangan )

Penugasan secara kelompok menyusun klipping tentang tenaga endogen dan eksogen, jumlah halaman minimal 5 halaman pada kertas ukuran folio

TT :

15 menit

KMTT:

2 pekan

Pertemuan 1

(RPP 1)

Penugasan kelompok mencari kartu tersembunyi dan mencari jawaban. Pada saat

Strategi Running Dictation ( Mendikte Sambil Berlari )

Penugasan individu ( PR tentang rumus laska )

TT 1 :

50 menit

TT 2 :

1 pekan

Pertemuan 2

(RPP 2)

Penugasan kelompok membahas / menjawab 6 permasalahan ( pelapukan , pengendapan, bentang alam hasil tenaga endogen dan eksogen, dampak tenaga endogen dan eksogen ). Pada saat model / Strategi Jigsaw Learning ( Belajar Model Jigsaw )

Penugasan individu mencari informasi bersumber pada internet, dengan kata kunci “ tsunami “, dituangkan dalam kertas ukuran folio

TT :

40 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 3

(RPP 3)

Penugasan individu melengkapi panduan ringkasan materi. Strategi Guided Note Talking ( Catatan Terbimbing )

Penugasan Individu, menggambar kelas tekstur tanah, Buku sumber, Geografi X, SMA/MA

Danang E. hal 83 pada kertas ukuran folio, diwarna bebas

TT :

30 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 4

(RPP 4)

Menemukan kartu yang sama kategorinya, pada model pembelajaran Card Sort ( sortir kartu )

Penugasan siswa bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama lalu mempresentasikan

Penugasan individu mengerjakan PR soal-soal terkait materi.

TT :

40 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 5

(RPP 5)

3. Menganalisis

unsur-unsur

geosfer

3.2 Menganalis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.

Diskusi pada saat Model / strategi pembelajaran Snowball Throwing

Penugasan individu, menggambar macam-macam angin, pada kertas ukuran folio

TT :

45 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 6

(RPP 6)

Menjawab pertanyaan dan jika benar berteriak horey atau yel-yel lainnya, pada saat

Model/strategi Course Review Horay

Penugasan individu, menggambar peta curah hujan Indonesia, pada kertas manila putih ukuran 20 cm x 30 cm, pewarna bebas, waktu satu minggu. (indikator ke 5), sumber, cari di Internet.

TT :

35 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 7

(RPP 7)

Diskusi dengan model /strategi

Think Pair Share (TPS)

Penugasan individu menggambar klasifikasi iklim Junghuhn, pada kertas gambar ukuran folio, diwarna bebas

TT :

40 menit

KMTT:

1 pekan

Pertemuan 8

(RPP 8)

Mengurutkan gambar pada saat model/strategi pembelajaran Picture And Picture

Mengerjakan PR

TT 1 :

40 menit

TT 2 :

1 pekan

Pertemuan 9

(RPP 9)

3. Menganalisis

unsur-unsur

geosfer

3.3. Menganalis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka

bumi

Mengidentifikasi pernyataan yang benar dan yang salah pada saat model/strategi pembelajaran True Or Fals ( Benar Atau Salah)

Menyusun kliping tiap kelompok ± 8 siswa

Kelompok I tentang air tanah, II tentang sungai dan DAS, III tentang rawa, IV tentang danau

TT :

40 menit

KMTT:

2 pekan

Pertemuan 10

(RPP 10)

Pada model pembelajaran Point Counterpoint

Untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam

Pertemuan 11

(RPP 11)

Mengerjakan PR

Pada model pembelajaran Snow Balling ( Bola Salju )

Tugas diskusi antar siswa secara bertingkat

TT :

1 pekan

KMTT:

45 menit

Pertemuan 12

(RPP 12)

Pada model pembelajaran Peer Lessons (Belajar Dari Teman)

Siswa mengajarkan materi kepada temannya

KMTT:

40 menit

Pertemuan 13

(RPP 13)

Pada model pembelajaran

EVERYONE IS A TEACHER HERE (Setiap Orang Adalah Guru)

Siswa berpartisipasi secara keseluruhan dan secara individual serta berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya

KMTT:

45 menit

Pertemuan 14

(RPP 14)

1 komentar: