PROGRAM PENUGASAN SISWA
TUGAS TERSTRUKTUR (TT)
DAN
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X
Semester : 1 (satu )
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | TUGAS TERSTRUKTUR | TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR | WAKTU | KETERANGAN |
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
| 1.1.Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi1.2.Menjelaskan konsep pendekatan geografi 1.3 Menjelaskan prinsip dasar geografi
1.4 Mendiskripsikan aspek geografi
2.1.Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya
2.2 Menjelaskan sejarah terbentuknya bumi |
Tugas individu membuat peta konsep materi
Siswa laki-laki maupun perempuan secara individu menganalisis tentang benda-benda langit, ukuran, jarak, revolusi, diameter
Berdiskusi menganalisis beberapa teori terjadinya tata surya- jagad raya dan pengertian serta macam bentuk galaksi
Berdiskusi menganalisis beberapa teori terbentuknya bumi dan bukti bumi dulu bersatu
PR LKS
Tugas kelompok mengidentifikasi mengapa benua dikatakan sebagai lempeng yang terapung
Tugas individu menggambar 7 macam lempeng utama dunia, waktu satu pekan
Tugas individu menggambar 3 macam pertemuan lempeng disertai masing- masing dampaknya, waktu satu pekan, sumber Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu
Berdiskusi tentang teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi, dilanjutkan presentasi
PR soal-soal latihan
|
Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan menganalisis gambar fenomena tanah longsor kemudian mengkaji ke-4 prinsip geografi.
Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan mengidentifikasi contoh-contoh fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar dikaitkan dengan prinsip geografi
Diskusi kelompok seimbang laki-laki dan perempuan, mengidentifikasi perbedaan aspek fisik dan sosial melalui gambar dan mencari contoh-contoh aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
Tugas individu mencari di sekitar rumah/tempat tinggal, fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik dan sosial
Tugas individu membuat laporan pengamatan angkasa di sekitar tempat tinggal
Tugas individu menggambar susunan tata surya pada buku tugas, dengan diwarna, waktu satu pekan.TT:Melengkapi data jarak dan revolusi planet sesuai Hukum Keppler III, sumber Geografi SMA Kelas X,Danang E. dkk, BSE, Aneka Ilmu
|
TT:1 pekan TMTT: 50 menit
50 menit
1 pekan
TT: 40 menit TMTT: 1 pekan
TT: 40 menit TMTT: 1 pekan
Diskusi 40 menit, PR LKS 1 pekan
Diskusi 40 menit, menggambar 1 pekan
1 pekan
50 menit
1 pekan |
RPP 01 dan 02
RPP 03
RPP 03
RPP 04
RPP 05
RPP 06
RPP 07
RPP 08
RPP 09 |
PROGRAM PENUGASAN SISWA
TUGAS TERSTRUKTUR (TT)
DAN
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X
Semester : 2 ( dua )
Tahun Pelajaran : 2010-2011
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | TUGAS TERSTRUKTUR | KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR | WAKTU | KETERANGAN |
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer | 3.1. Menganalisis dinamika dan kecende rungan perubahan litos fer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi. | Penugasan mencari pasangan yang sesuai antara jawaban dan pertanyaan tentang materi yang dibahas. Pada saat Strategi Index Card Match ( Mencari Pasangan )
| Penugasan secara kelompok menyusun klipping tentang tenaga endogen dan eksogen, jumlah halaman minimal 5 halaman pada kertas ukuran folio
| TT : 15 menit KMTT: 2 pekan
| Pertemuan 1 (RPP 1) |
|
| Penugasan kelompok mencari kartu tersembunyi dan mencari jawaban. Pada saat Strategi Running Dictation ( Mendikte Sambil Berlari )
Penugasan individu ( PR tentang rumus laska )
|
| TT 1 : 50 menit TT 2 : 1 pekan
| Pertemuan 2 (RPP 2) |
|
| Penugasan kelompok membahas / menjawab 6 permasalahan ( pelapukan , pengendapan, bentang alam hasil tenaga endogen dan eksogen, dampak tenaga endogen dan eksogen ). Pada saat model / Strategi Jigsaw Learning ( Belajar Model Jigsaw ) | Penugasan individu mencari informasi bersumber pada internet, dengan kata kunci “ tsunami “, dituangkan dalam kertas ukuran folio
| TT : 40 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 3 (RPP 3) |
|
| Penugasan individu melengkapi panduan ringkasan materi. Strategi Guided Note Talking ( Catatan Terbimbing )
| Penugasan Individu, menggambar kelas tekstur tanah, Buku sumber, Geografi X, SMA/MA Danang E. hal 83 pada kertas ukuran folio, diwarna bebas | TT : 30 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 4 (RPP 4) |
|
| Menemukan kartu yang sama kategorinya, pada model pembelajaran Card Sort ( sortir kartu ) Penugasan siswa bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama lalu mempresentasikan | Penugasan individu mengerjakan PR soal-soal terkait materi.
| TT : 40 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 5 (RPP 5) |
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer | 3.2 Menganalis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi. | Diskusi pada saat Model / strategi pembelajaran Snowball Throwing
| Penugasan individu, menggambar macam-macam angin, pada kertas ukuran folio
| TT : 45 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 6 (RPP 6) |
|
| Menjawab pertanyaan dan jika benar berteriak horey atau yel-yel lainnya, pada saat Model/strategi Course Review Horay | Penugasan individu, menggambar peta curah hujan Indonesia, pada kertas manila putih ukuran 20 cm x 30 cm, pewarna bebas, waktu satu minggu. (indikator ke 5), sumber, cari di Internet.
| TT : 35 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 7 (RPP 7) |
|
| Diskusi dengan model /strategi Think Pair Share (TPS) | Penugasan individu menggambar klasifikasi iklim Junghuhn, pada kertas gambar ukuran folio, diwarna bebas
| TT : 40 menit KMTT: 1 pekan
| Pertemuan 8 (RPP 8) |
|
| Mengurutkan gambar pada saat model/strategi pembelajaran Picture And Picture
Mengerjakan PR |
| TT 1 : 40 menit TT 2 : 1 pekan
| Pertemuan 9 (RPP 9) |
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer | 3.3. Menganalis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi | Mengidentifikasi pernyataan yang benar dan yang salah pada saat model/strategi pembelajaran True Or Fals ( Benar Atau Salah)
| Menyusun kliping tiap kelompok ± 8 siswa Kelompok I tentang air tanah, II tentang sungai dan DAS, III tentang rawa, IV tentang danau
| TT : 40 menit KMTT: 2 pekan
| Pertemuan 10 (RPP 10) |
|
|
| Pada model pembelajaran Point Counterpoint Untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam
|
| Pertemuan 11 (RPP 11) |
|
| Mengerjakan PR | Pada model pembelajaran Snow Balling ( Bola Salju ) Tugas diskusi antar siswa secara bertingkat | TT : 1 pekan KMTT: 45 menit
| Pertemuan 12 (RPP 12) |
|
|
| Pada model pembelajaran Peer Lessons (Belajar Dari Teman) Siswa mengajarkan materi kepada temannya
| KMTT: 40 menit
| Pertemuan 13 (RPP 13) |
|
|
| Pada model pembelajaran EVERYONE IS A TEACHER HERE (Setiap Orang Adalah Guru) Siswa berpartisipasi secara keseluruhan dan secara individual serta berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya
| KMTT: 45 menit
| Pertemuan 14 (RPP 14) |
trimasih upload materinya. soegiarto sman 2 sidoarjo
BalasHapus